Sudah Tahu Fakta Unik Si Cantik Edelweiss Ini? | Breaktime
Sudah Tahu Fakta Unik Si Cantik Edelweiss Ini?
05.02.2017

Edelweiss atau yang memiliki nama latin Leontopodium Alpinum adalah sebuah tumbuhan endemik zona alpina/Montana yang berada di daerah pegunungan Eropa. Nah, itu untuk edelweiss yang tumbuh di Eropa, B’timers. Kalau yang di Indonesia bagaimana? Indonesia juga punya bunga edelweiss dengan nama lain Anaphalis Javanica.

Nama edelweiss sendiri berasal dari bahasa Jerman, yaitu edel yang berarti mulia atau agung dan weiss yang berarti putih. Mungkin ini juga karena bunga edelweiss ditemukan oleh seorang naturalis asal Jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada tahun 1819 di lereng Gunung Gede. Kemudian, bunga ini diteliti lebih lanjut oleh seorang botanis yang juga asal Jerman, yaitu Carl Heinrich Schutz.

Edelweiss yang ada di Indonesia sangat berbeda dengan yang ditemukan di benua Eropa. Bahkan nama edelweiss di Indonesia dikenal dengan Edelweiss Jawa. Anda bisa menemukan bunga edelweiss yang tumbuh di ketinggian antara 1.700 – 2.700 meter di atas permukaan laut ini pada antara bulan April sampai September. Nah, dimana saja kita bisa melihat bunga edelweiss? B’timers bisa menemukannya di beberapa tempat di Jawa, antara lain Plawangan Sembalun, Lembah Mandalawangi, Alun-alun Suryakencana, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Kalimati, dan Tegal Alun.

Sudah Tahu Fakta Unik Si Cantik Edelweiss Ini? | Breaktime
Bunga edelweiss jadi gambar perangko Indonesia

Bahkan B’timers bisa menemukan bunga edelweiss di jalur pendakian Gunung Leuser dari Kedah, Kabupaten Gayo Lues setelah perjalanan selama dua hari lamanya. Tahukah Anda, tanaman edelweiss ada pada ketinggian 2891 mdpl. Setelahnya tidak akan ditemui lagi sampai pada puncak gunung.

Lalu apalagi yang menarik dari bunga edelweiss? Banyak banget B’timers. Salah satunya adalah julukan sebagai bunga abadi. Mengapa demikian? Yup, edelweiss memiliki hormone yang bisa mencegah kerontokan pada bunganya, itu sebabnya edelweiss disebut juga sebagai bunga abadi.

Saking cantik dan indahnya bunga edelweiss ini, Pos Indonesia menjadikannya sebagai gambar pada perangko yang terbit pada tahun 2003. Tak hanya itu, edelweiss yang terkenal di seluruh dunia ini bahkan muncul menjadi sebuah lagu yang dinyanyikan dalam film The Sound of Music yang rilis pada tahun 1965.

Saking uniknya dan istimewanya bunga edelweiss, Austria menjadikan bunga ini sebagai bunga nasional, lho. Di Swiss, bunga ini jadi simbol nasional. Terbukti dengan adanya sebuah maskapai penerbangan di Swiss yang memakai nama edelweiss.

Sudah Tahu Fakta Unik Si Cantik Edelweiss Ini? | Breaktime
Warna-warni edelweiss hasil budidaya petani Indonesia

Bahkan, jauh sebelum ini edelweiss jadi bunga kesayangan Adolf Hitler. Hitler pun menjadikannya sebagai simbol Wehrmacht yang merupakan angkatan bersenjata Nazi-Jerman sejak tahun 1935 – 1945, selama masa kekuasaan Hitler.

Selain itu, ternyata bunga edelweiss juga sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional. Edelweiss mampu mengobati gangguan perut dan masalah pernapasan. Tak hanya itu, edelweiss juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, B’timers.

Tetapi, edelweiss saat ini sudah mulai mengalami kepunahan. Lalu, bagaimana dengan edelweiss yang dijual oleh pedagang yang Anda jumpai di wisata gunung seperti Gunung Bromo atau Pegunungan Dieng? Itu adalah bunga hasil budidaya para petani edelweiss. Mereka dengan susah payah membudidayakan bunga ini karena memang harus berada pada suhu dan kelembaban yang pas.

Melalui para petani ini, bunga edelweiss bisa aman dari ancaman kepunahan. Dan juga jika B’timers menjumpai bunga ini saat mendaki, jaga dan terus lestarikan si cantik edelweiss. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE