Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (2) | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (2)
27.07.2016

B’timers sudah tahu fakta-fakta unik dan menarik tentang Korea Selatan dari artikel sebelumnya? Nah, karena jadi salah satu negara pusat fashion, tak salah penduduk Korea Selatan termasuk yang terbanyak menggunakan karut kredit untuk belanja! Dan, ternyata orang Korea Selatan selalu menyertakan kentang manis pada makanan mereka lho, apapun itu. Wah, jika kemarin sudah dibahas sejumlah fakta uniknya, berikut lanjutannya.

1. Dari banyaknya festival yang ada di Korea Selatan, sebuah festival yang bernama Harvest Moon Festival adalah yang terbesar karena diikuti oleh 20 juta orang Korea selatan yang bepergian ke kampung halaman masing-masing untuk mengunjungi kuburan anggota keluarga mereka yang sudah tiada dan membawa makanan untuk diletakkan di depan kuburan mereka.

2. Kalau Anda ingin operasi plastik supaya tambah cantik, datanglah ke Korea! Karena di sini ada sangat banyak klinik kecantikan. Kebanyakan orang Korea sangat memperhatikan kecantikan, baik itu untuk urusan pekerjaan, percintaan, atau untuk pencitraan diri mereka sendiri supaya tampil baik di depan semua orang. Tidak heran Korea menjadi pasar terbesar untuk mengubah penampilan wajah atau fisik seseorang yang dikenal dengan sebutan operasi plastik. Sepertiga dari jumlah orang yang ada di Korea hampir semuanya telah melakukan operasi plastik. Wah.

Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (2) | Breaktime
Pegunungan indah dan pohon dengan dedaunan warna-warni

3. Konon, katanya angka kematian karena bunuh diri di Korea Selatan termasuk tinggi di dunia, hampir sama seperti di Jepang. Alasan sebagian besar mereka bunuh diri karena tidak tahan di-bully oleh temannya lantaran wajah mereka disebut jelek. Hmm, sampai seperti itu, ya? Mungkin karena inilah orang Korea gemar operasi plastik.

4. Karena mereka sangat memperhatikan penampilan fisik, ketika saya ke sini jarang saya jumpai orang Korea Selatan yang gemuk. Rata-rata badan mereka semua kurus.

5. Konon katanya para gadis Korea Selatan yang sudah berusia 16 tahun meminta dan mendapat hadiah dari orang tuanya untuk operasi plastik. Bedanya dengan di Indonesia, jika sudah menginjak usia 17 tahun, sepertinya banyak yang minta motor atau mobil ya.

6. Di Korea Selatan, beberapa olah raga yang banyak diminati adalah bisbol, gulat, golf, dan juga taekwondo. Di Korea, bisbol juga disebut dengan yagu. Tiap-tiap klub atau tim bisbol akan diberi nama dari nama perusahaan-perusahaan besar seperti KIA atau Samsung. 

Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (2) | Breaktime
Menikmati waktu sambil duduk-duduk santai di tempat asyik

Untuk taekwondo, olahraga ini sudah menjadi olahraga yang paling favorit di seluruh bagian negara ini. Secara tertulis, taekwondo berarti cara menendang dan cara meninju. Pertama kali olahraga ini muncul adalah saat 2000 tahun yang lalu, ada seorang ksatria Korea yang harus melindungi dirinya tanpa persenjataan apapun. Lalu, pertama kali di tahun 2002, taekwondo dijadikan salah satu cabang olah raga di Olympic Game.

7. Korea Pop atau K-Pop merupakan industri musik yang sangat besar di sini. Katanya kalau mau menjadi artis K-Pop, pelatihannya sangat berat. Dan drama Korea juga sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga banyak orang yang sampai datang ke sini cuma untuk melihat lokasi syuting drama Korea! Sungguh luar biasa.

Itulah fakta-fakta unik dan menarik di Korea Selatan. Kalau saya traveling lagi ke Korea dan menemukan lagi fakta menarik lainnya, dengan senang hati akan saya share. Selamat berkunjung ke Korea Selatan, B’timers! (bk)

Share This Article