Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (1) | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (1)
26.07.2016

Korea Selatan sudah jadi salah satu negara yang masuk daftar wajib kunjung para traveler. Selain K-Pop dan dramanya yang sangat digilai, Korea Selatan juga punya banyak tempat wisata alam yang keindahannya bikin takjub. Selain itu, budaya yang tetap kental hingga sekarang, juga jadi daya tarik tersendiri. Kulinernya pun sangat famous hingga ke seluruh dunia. B’timers pasti tak asing dengan kimchi, bukan?

Hebatnya, tradisi negeri ini yang masih dijunjung tinggi justru menjadi magnet para turis, karena “aroma” tradisionalnya yang masih sangat kuat. Ketika traveling selama 6 hari di Korea Selatan, saya banyak menemukan fakta unik dan menarik di sana. Dan itu dijamin bisa bikin B’timers ngiler, ingin langsung saja berangkat ke Korea Selatan!

  • Walaupun Korea Selatan adalah negara maju seperti Jepang, tetapi biaya hidup seperti makan tidak semahal Jepang, lho. Lebih mahal sedikit daripada makan di Jakarta, tetapi masih rasional dan enak tentunya.
  • Ternyata sebanyak 2 juta orang yang berasal dari Korea Selatan tinggal di kota-kota besar di Seattle, Chicago, serta New York. Perpindahan ini pertama kali terjadi pada tahun 1903 dan hingga kini masih terjadi beberapa perpindahan keluar Korea Selatan. Kebanyakan dari mereka pindah ke luar negeri, konon karena adanya wajib militer yang diterapkan di negara ini.
Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (1) | Breaktime
Bangunan tradisional yang bersejarah
  • B’timers boleh percaya atau tidak, tapi orang-orang Korea sangat menyukai kentang manis. Bahkan, hampir semua makanan yang disajikan akan dicampur dengan kentang manis seperti sajian utama, makanan penutup, camilan, salad, pizza, dan sebagainya. Kalau dipikir-pikir apa mereka tidak bosan ya, ketemu kentang manis terus? Tidak, B’timers! Wow.
  • Orang Korea Selatan sangat menyenangi makanan sehat seperti sayur. Kimchi adalah makanan yang wajib ada di meja makan, kimchi yang merupakan kol yang didiamkan selama berbulan-bulan ternyata bisa dipadukan dengan makanan apapun. Faktanya, resep kimchi pertama kali ditulis pada 1250 SM. Lebih dari 170 resep bisa dipadukan dengan kimchi.
  • Korea Selatan mempunyai minuman khas yang populer bahkan juga dijual di Indonesia. Minuman ini bernama Soju. Soju adalah arak beras yang disuling menjadi arak terlaris di dunia selama 11 tahun berturut-turut. Di Korea, tidak ada larangan bagi orang-orang untuk bisa mengonsumsi alkohol di tempat umum. Mereka dibebaskan untuk membawa berbotol-botol arak beras ini dan meminumnya di manapun mereka ingin. 
Sudah Tahu Fakta Unik Korea Selatan Ini? (1) | Breaktime
Sajian makanan yang segar dan lezat
  • Korea Selatan jadi pusatnya fashion, terutama bagi wanita yang suka berbelanja. Karena orang Korea terkenal sebagai negara yang sangat update soal fashion, mulai dari baju hingga make up. Dan ternyata, tidak hanya wanita di Korea yang menggilai penggunaan kosmetik namun juga pria! Bahkan, diperkirakan mereka bisa menghabiskan US$ 900 juta per tahun dengan perbandingan seperempat jumlah kosmetik di dunia.
  • Orang-orang Korea Selatan juga doyan belanja karena negara pusat fashion ini punya beberapa pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Pusat perbelanjaan ini bahkan buka hingga jam 4 pagi. Wah wah, kalau di sini pada jam itu kita belanja sayur, di sana orang-orang belanja barang-barang fashion, ya? Korea Selatan juga jadi negara pengguna kartu kredit terbesar di dunia sejak tahun 2011 karena ada 130 transaksi yang dilakukan tiap orang per tahun. Amazing.

Eits, tak cuma itu, masih ada fakta-fakta menarik lainnya tentang Korea Selatan! Puaskan rasa penasaran B’timers di artikel berikutnya, ya. -Bersambung- (bk)

Share This Article