Sudah Kenal Kesenian Batombe di Sumatera Barat? | Breaktime
Sudah Kenal Kesenian Batombe di Sumatera Barat?
05.09.2016

Indonesia memang sangat kaya budaya, berbagai kesenian pun ada terbentang dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya seperti Batombe, sebuah tradisi seni yang ada di Sumatera Barat. Mungkin B’timers ada yang sudah kenal kesenian tradisional satu ini. Namun bagi yang belum tahu, Batombe adalah seni berbalas pantun.

Berasal dari Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Batombe adalah tradisi seni balas-membalas pantun yang dilakukan dengan cara mendendangkan pantun, dan yang melakukannya adalah kaum laki-laki dan perempuan. Jadi, ini adalah tradisi saling bersahutan pantun antara laki-laki dan perempuan.

Untuk alur kesenian ini, awalnya dibuka dengan pembacaan pantun yang dilakukan oleh seorang datuk. Lalu, arena akan dimasuki oleh para pemain yang kemudian membuat lingkaran. Ada 10 orang laki-laki dan 3 orang perempuan yang mengikuti tradisi seni ini, lalu 12 orang akan melakukan gerakan tarian sambil membentuk lingkaran, lalu 1 orang lainnya akan menari di dalam lingkaran tadi.

Sudah Kenal Kesenian Batombe di Sumatera Barat? | Breaktime
Kesenian Batombe yang ramai dan ceria

Tak cuma berpantun dan menari, Batombe ini juga diiringi dengan musik yang iramanya ceria. Alat musik tradisional seperti gendang dan talempong adalah yang biasa digunakan untuk tradisi Batombe ini. Cara memainkan keduanya pun dengan tempo cepat, agar seirama dengan tarian dan juga nyanyiannya.

Semakin lama tarian akan semakin ceria dan semangat serta mengajak, karena di bagian akhir, bahkan yang menyaksikan juga ikut bergabung dan bersama-sama ikut menari. Seru, ya? Selain iringan alat musik khas, pemain Batombe juga mengenakan pakaian khusus yang mirip dengan pakaian pemain randai atau silat.

Wah, cara tradisional yang unik untuk berbalas pantun ria, ya. B’timers sendiri sudah pernah menyaksikan atau mengikutinya langsung? (md)

Share This Article