Simak Keindahan Tari Keurseus Khas Jawa Barat | Breaktime
Simak Keindahan Tari Keurseus Khas Jawa Barat
03.01.2017

Tarian merupakan salah satu cara pengekspresian diri yang telah melekat di dalam diri manusia dan juga sebagai produk dari peradaban. Manusia telah mengenal dan menciptakan segala macam jenis tarian sesuai dengan zaman, dan bahkan setiap daerah memiliki berbagai macam jenis tarian tradisional maupun tarian modern yang berbeda-beda.

Salah satu jenis tari tradisional yang khas dan berasal dari provinsi Jawa Barat adalah Tari Keurseus. Hmm, nama yang unik, bukan? Anda mungkin dapat menebak bahwa kata “keurseus” sendiri merupakan kata yang asing dan bukan merupakan bahasa lokal maupun bahasa daerah, dimana Anda benar dalam hal tersebut!

Kerseus berasal dari Bahasa Belanda yang memiliki arti “kursus.” Julukan tersebut diberikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada masa itu sebagai bentuk apresiasi terhadap sebuah tarian tradisional yang ditarikan oleh suku Sunda. Tari Keurseus muncul di sekitar tahun 1900-an. Pada masa itu bumi Sunda dikunjungi oleh sekelompok seniman tari topeng Cirebon yang bertandang ke Kota Sumedang. Kedatangan mereka disambut dengan baik oleh para penduduk, dan dalam jangka waktu yang relatif singkat, budaya tarian topeng jawa tersebut berbaur dengan budaya tarian lokal. 

Kepopuleran dari tari topeng tersebut menarik perhatian dari seorang seniman yang bernama Aom Doyot yang kemudian memanfaatkannya sebagai metode untuk menertibkan tari tayub yang pada saat itu menuai berbagai macam kontroversi karena melibatkan minuman-minuman keras serta mencoreng reputasi penari ronggeng. Gerakan-gerakan dari tarian tayub pun dikomposisikan ulang sehingga melahirkan seni tarian baru, yang kini dikenal sebagai tari keurseus.

Tari keurseus terdiri atas tiga tingkatan irama, yaitu lalamba atau irama lambat, kering dua yang juga disebut dengan irama sedang, dan kering tilu yaitu tempo irama yang cepat. Tarian yang unik ini merupakan gabungan dari jenis-jenis tarian yang lain, seperti Tari Kawitan, Tari Gunungsari, Tari Gawil, Tari Lenyepan, Tari Monggawa, dan lain sebagainya.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE