Simak Cara Menentukan Tahun Baru Cina Berikut! | Breaktime
Simak Cara Menentukan Tahun Baru Cina Berikut!
28.01.2017

Hari ini, tepatnya pada tanggal 28 Januari 2017 seluruh masyarakat Tionghoa merayakan tahun baru Imlek dengan penuh rasa suka cita. Kemanapun Anda pergi  Anda akan menemukan berbagai macam hiasan ornamen lampion dan hiasan lain bernuansa Chinese dengan warna khas yaitu merah dan emas. Perayaan imlek pada umumnya dirayakan oleh shio binatang yang berbeda tiap tahunnya, sedangkan untuk tahun ini, perayaan imlek dirayakan sebagai tahun orang-orang yang memiliki shio ayam jago. Akan tetapi, tahukah Anda mengenai legenda asal muasal dari perayaan Imlek sekaligus cara penghitungannya?

Legenda imlek bermula pada zaman dahulu kala, Yu Huang Da Di, atau yang lebih dikenal sebagai Kaisar Giok menitahkan kepada para hewan bahwa ia akan memberikan penghargaan kepada hewan-hewan dengan memasukkan mereka ke dalam sistem kalendar, persyaratannya adalah hanya 12 hewan pertama yang datang paling awal pada pertemuan tersebut yang akan dipilih.

Seluruh hewan hutan tentunya bersuka cita mendengar berita tersebut dan masing-masing dari mereka berusaha mempersiapkan diri agar mereka dapat bangun pagi di keesokan harinya, tidak terkecuali kucing dan tikus. Konon, pada kala itu kucing dan tikus berhubungan sangat baik dan merupakan teman dekat. Mereka berdua merencanakan untuk datang paling awal agar bersama-sama mendapatkan penghargaan dari kaisar. Si kucing yang memiliki kebiasaan tidur hingga siang hari sedikit cemas dan meminta tolong sahabatnya untuk membangunkannya di pagi hari. Si tikus tentu saja menyanggupi permintaan tersebut.

Sayangnya, akibat merasa terlalu excited si tikus tidak sengaja lupa akan janjinya dan ia berangkat sendirian ke tempat pertemuan. Tikus kemudian menyadari bahwa ia bukanlah satu-satunya hewan yang berhasil bangun dan berangkat pagi-pagi pada hari itu. Ia bertemu dengan harimau, banteng, kuda, dan hewan-hewan lainnya yang tentunya memiliki ukuran kaki yang lebih besar dan kecepatan jalan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang mungil. 

Simak Cara Menentukan Tahun Baru Cina Berikut! | Breaktime
Bulan ini bulannya shio ayam jago, ya!

Ia menyadari bahwa jika hal ini dibiarkan terus ia akan terlambat, sehingga ia melahirkan ide cerdik dengan membujuk banteng jantan untuk mengangkutnya di punggung si banteng. Pada awalnya tentu si banteng menolak. Namun lama kelamaan banteng pun menyanggupi untuk mengangkut si tikus dengan syarat si tikus bernyanyi untuknya selama perjalanan.

Setelah mereka tiba di tempat pertemuan, tikus dengan segera turun dari punggung si banteng dan menyusup ke depannya sehingga bukan si banteng yang pertama kali tiba melainkan si tikus. Itulah mengapa tikus menduduki peringkat pertama dalam sistem kalendar Cina?

Bagaimana dengan sahabatnya? Well, karena tidak dibangunkan oleh si tikus, kucing pun datang terlambat ke tempat pertemuan, sehingga ia gagal mendapat posisi di sistem kalendar. Dan sudah dapat dikira ia menjadi marah dan hingga kini kucing tetap berusaha untuk membunuh si tikus.

Cerita yang menarik, bukan? Selain memiliki legenda yang unik, tahun baru Cina juga memiliki sistem penghitungan yang cukup berbeda dibandingkan dengan sistem perhitungan kalender Masehi, dimana sistem kalender Cina menggunakan perputaran bulan terhadap bumi (lunar calendar) sebagai pedoman perhitungannya. Walaupun terdapat kemiripan dengan kalendar Masehi yaitu dalam 1 tahun terdapat 12 bulan, pada kalendar Cina terdapat bulan ganda (runyue) yang ada sebanyak 7 kali dalam 19 tahun.

Demikianlah informasi singkat mengenai legenda dan cara penghitungan dan penetapan tahun baru Cina. Semoga informasi ini bermanfaat dan menghibur Anda. Selamat merayakan Imlek, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE