Siapa Sangka 4 Negara Ini Punya Tradisi Lebaran! | Breaktime
Siapa Sangka 4 Negara Ini Punya Tradisi Lebaran!
25.06.2017

Bicara soal perayaan Idul Fitri di Indonesia, Ia pasti lekat dengan imej makan bersama menggunakan ketupat atau juga bagi-bagi THR kepada sanak famili yang lebih muda. Namun apakah tradisi seperti ini juga terjadi pada perayaan lebaran negara-negara lain? Hm, bisa jadi iya dan bisa jadi tidak ya B’timers. Tentu saja setiap negara menyambut kedatangan hari kemenangan dengan budaya yang berbeda-beda. Namun bukan tidak mungkin juga bahwa ada segenap tradisi mereka yang memiliki kesamaan dengan tradisi lebaran di Indonesia. Yang terpenting, esensi yang terkandung dalam setiap tradisi lebaran di seluruh dunia tetaplah sama: yakni untuk mensyukuri nikmat Allah SWT atas turunnya Bulan Ramadhan lewat kegiatan silaturahmi dan instropeksi diri.

Siapa Sangka 4 Negara Ini  Punya Tradisi Lebaran! | Breaktime
Khidmatnya suasana salat Ied para umat muslim di India

Nah, seperti di India ini nih. Kendati mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu, perayaan hari lebaran tetap dilangsungkan secara meriah nan penuh antusiasme. Semua orang akan berkumpul di alun-alun kota untuk saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan. Sedangkan menu utama yang wajib dihidangkan di waktu hari raya tiba adalah Sheer Kurma. Ia sama-sama merupakan hidangan nasi seperti ketupat. Hanya saja Ia merupakan sejenis hidangan vermicelli nasi yang dijuluki servai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wah, Ada Tradisi Ramadhan Indonesia Selain Puasa!

Malam takbir di India pun disebut dengan nama Chaand Raat. Agak mirip dengan budaya Indonesia, di malam Chaand Raat ini banyak yang keluar untuk berbelanja baju baru maupun makanan lebaran. Dan agar tampil cantik di hari raya, para wanita India pun banyak yang memakai henna dan menyiapkan setelan baju tradisional India guna dipakai di hari kemenangan.

Kalau di Maroko, tradisi lebaran dimulai setelah semuanya selesai pulang dari ibadah salat Ied. Seluruh keluarga segera menyantap sarapan berupa makanan tradisional seperti kue panekuk ala Moroko, Baghrir dan Melwi. Sebagai pendampingnya, disertai pula tambahan aneka kue kukis dan teh mentol yang adem di tenggorokan. Setelah itu baru deh, para orang tua biasanya memberikan bingkisan atau sejumlah uang untuk anak mereka. Hihi, mirip budaya THR di tanah air ya?

Siapa Sangka 4 Negara Ini  Punya Tradisi Lebaran! | Breaktime
Barisan makanan manis ala Tunisia di hari raya lebaran

Kebiasaan merayakan lebaran di Tunisia lebih unik lagi. Buktinya, para umat muslim di Tunisia akan bernyanyi sambil menari kala hari lebaran telah tiba. Bisa dibayangkan betapa gegap gempitanya suasana Idul Fitri di sana yang ternyata 98 persen penduduknya adalah penganut agama Islam. Seraya bernyanyi dan menari, para warga Tunisia juga tak ketinggalan melahap kue biskuit istimewa khas negara mereka yang bernama Baklawa. Terdapat pula sajian keik spesial yang dinamakan dengan panggilan Kaak.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Orang yang Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Tunisia pun sangat menjaga tradisi silaturahmi-nya ke rumah sanak keluarga dan kerabat. Ini menandakan bahwa masyarakat Tunisia juga cukup mirip dengan masyarakat Indonesia yang hobi beramah-tamah ke rumah-rumah ketika lebaran.

Terakhir kita beralih ke negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Di negara satu ini terkenal memiliki populasi imigram muslim dengan jumlah yang lumayan. Walau tergolong sebagai kaum minoritas, umat muslim di AS sejatinya datang dari berbagai penjuru dunia. Namun kala hari raya datang, semuanya dipersatukan untuk menjalankan ibadah salat Ied bersama. Ibadah ini dapat dilakukan di Islamic Centers atau di masjid yang ada di sana.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
4 Hotel Di Bali Ini Bikin Liburan Senang!

Para siswa yang beragama Islam akan meliburkan diri meskipun kebanyakan sekolah di Amerika tentu masih buka seperti biasanya. Namun anak-anak ini tetap bersukacita karena mereka akan diajak ke restoran dan menerima sejumlah hadiah atau uang dari orang tua mereka. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE