Serunya Berebut Hasil Bumi dalam Pawai Jampana | Breaktime
Serunya Berebut Hasil Bumi dalam Pawai Jampana
23.10.2016

Indonesia sangat menjunjung tinggi tradisi dan adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur di setiap daerah. Salah satunya yang dilakukan oleh masyarakat Bandung. Mereka memiliki tradisi unik yang hingga kini masih dipertahankan. Tradisi tersebut adalah tradisi pawai Jampana.

Tradisi pawai Jampana ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Lalu, apa yang membedakan pawai Jampana dengan pawai lainnya? Tentu saja ada perbedaan khusus. Saat melakukan pawai Jampana, masyarakat akan membawa tandu besar yang berisi berbagai jenis makanan dan hasil bumi.

Tandu tersebut akan dibawa oleh empat orang pria. Pawai Jampanan adalah sebuah miniatur hasil produksi warga Bandung, khususnya di wilayah kabupaten yang dilengkapi dengan nasi tumpeng. Tandu ini akan diarak dan nantinya makanan tersebut akan dimakan bersama-sama dengan peserta pawai dan untuk hasil bumi akan menjadi rebutan para warga, bahkan peserta yang mengikuti pawai.

Serunya Berebut Hasil Bumi dalam Pawai Jampana | Breaktime
Serunya berebut makanan dan hasil bumi dalam pawai Jampana

Pawai Jampanan biasanya digelar untuk memeriahkan sebuah perayaan seperti kemerdekaan RI dan ulang tahun kabupaten Bandung. Pawai ini dilakukan setiap tahun sekali dalam acara-acara tersebut. Saat pawai tidak hanya satu tandu yang dibawa, tetapi sekitar 60 tandu digiring menyusuri jalan raya hingga sampai ke kantor dinas bupati kabupaten Bandung.

Pemerintah dan masyarakat juga berencana untuk terus mempertahankan warisan budaya ini. beberapa di antaranya, pawai Jampana ini akan dilombakan agar lebih meriah dan menjadi agenda wisata di kabupaten Bandung.

Uniknya tradisi pawai Jampana ini menambah deretan adat istiadat di Indonesia yang masih dipertahankan hingga sekarang. Kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya untuk ikut melestarikan budaya dan adat yang ada, B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE