Seputar Cinco de Mayo yang Tak Boleh DiIewatkan | Breaktime
Seputar Cinco de Mayo yang Tak Boleh Anda Lewatkan
07.05.2016

B’timers yang berencana berkunjung ke Meksiko pada bulan Mei pasti akan merasakan suasana khas Cinco de Mayo. Sesuai namanya, Cinco de Mayo (Fifth of The May) adalah perayaan yang diadakan setiap satu tahun sekali pada tanggal 5 Mei untuk memperingati jasa-jasa tentara Meksiko menang melawan Perancis pada Battle of Puebla tahun 1862 silam.

Sayangnya, banyak wisatawan asing seringkali tertukar dengan Hari Kemerdekaan Meksiko. Padahal Hari Kemerdekaan Meksiko diperingati pada tanggal 16 September, lho! Bila B’timers sempat menjadi salah satu yang salah anggap terhadap Cinco de Mayo, maka Anda wajib memperhatikan hal-hal unik berikut:

Seputar Cinco de Mayo yang Tak Boleh DiIewatkan | Breaktime
Cantiknya para gadis dalam Cinco de Mayo parade tahun 2015

Dilarang mengucapkan selamat

Seperti yang telah Breaktime sampaikan sebelumnya, Cinco de Mayo bukanlah perayaan hari kemerdekaan. Oleh karena itu, bukanlah hal yang penting untuk mengucapkan “Selamat Hari Cinco de Mayo” kepada warga lokal bila Anda berkunjung pada tanggal 5 Mei ke Meksiko. B’timers cukup menikmati suasana dengan tenang dan tanpa keributan.

Sombrero dan kumis palsu

Bila B’timers menyebut kata Meksiko, maka kata yang selanjutnya terlintas dalam pikiran Anda adalah sombrero dan kumis palsu yang mencuat bukan? Nah, selama Cinco de Mayo berlangsung sebaiknya Anda menahan diri untuk tidak merayakannya sambil mengenakan kedua hal tersebut. Sombrero dan kumis palsu justru dinilai mengurangi unsur budaya menjadi semacam karikatur kocak.

Seputar Cinco de Mayo yang Tak Boleh DiIewatkan | Breaktime
Sombrero dan kumis palsu sudah jadi hal mainstream selama Cinco de Mayo

Hindari penggunaan bahasa Spanyol amatir

Melempar candaan biasanya ampuh untuk mencairkan suasana dan membuat antarwarga semakin akrab. Namun, akan beda ceritanya jika B’timers menggunakan bahasa Spanyol untuk membuat lelucon karena hal itu sangat tidak sopan dilakukan selama Cinco de Mayo. Selain itu, tidak semua orang Latin berbahasa Spanyol sehingga Anda akan merasa sangat malu dan tidak punya tata krama.

Jangan berkunjung selama Cinco de Mayo

Cinco de Mayo bukanlah perasaan besar-besaran untuk menarik wisatawan datang. Bila B’timers berencana untuk pergi ke Meksiko hanya karena ingin melihat Cinco de Mayo, maka urungkanlah niat Anda. Banyak warga yang menikmati Cinco de Mayo dengan khidmat dalam suasana kekeluargaan.

Seputar Cinco de Mayo yang Tak Boleh DiIewatkan | Breaktime
Tortilla dan jagung jadi makanan untuk merayakan Cinco de Mayo di rumah

B’timers yang ingin tetap mengunjungi keindahan Meksiko, Anda dapat berkunjung saat Hari Kemerdekaan Meksiko pada 16 September untuk mendapatkan pengalaman wisata yang mempesona. Happy travelling, B’timers! (ft)

Share This Article