Seperti Apa, Kerennya Festival Kota Tua Jakarta? | Breaktime
Seperti Apa, Kerennya Festival Kota Tua Jakarta?
06.08.2016

B’timers yang pernah mengunjungi Kota Tua pasti setuju bahwa kawasan wisata ini sangat indah dengan bangunan-bangunan bersejarah dan kaya akan budaya di dalamnya. Namun tahukah Anda bahwa Kota Tua Jakarta tidak hanya menarik dengan bangunan-bangunan bersejarah, melainkan juga di sana diselenggarakan sebuah festival tahunan.

Perhelatan budaya yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat ini menjadi salah satu acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh para wisatawan dan masyarakat setempat.

Seperti Apa, Kerennya Festival Kota Tua Jakarta? | Breaktime
Festival Budaya Kota Tua

Festival Budaya Kota Tua yang penuh cerita

Tujuan dari diadakannya Festival Budaya di Kota Tua ini adalah sebagai upaya untuk mempromosikan kawasan wisata Kota Tua dan juga sebagai sarana melestarikan kesenian dan kebudayaan Betawi yang mulai pudar. Anda bisa datang langsung ke Taman Fatahillah tempat digelarnya festival.

Alasan di balik menjadikan Kota Tua sebagai tempat diselenggarakannya festival ini, adalah karena Kota Tua Jakarta merupakan salah satu icon wisata sejarah dan budaya di Jakarta. Setiap tahun, acara ini memiliki tema yang berbeda-beda.

Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi seni budaya, pameran industri kreatif, fashion show dengan tema Tempo Doeloe, atraksi permainan tradisional, aneka macam kuliner, dan bazaar. Yang menjadikan Festival Kota Tua unik, karena peserta dalam acara ini adalah warga Jakarta sendiri.

Seperti Apa, Kerennya Festival Kota Tua Jakarta? | Breaktime
Ondel-ondel, Boneka Raksasa Khas Betawi

Keunikan Festival Kota Tua dari tahun ke tahun

Seperti pada Festival Kota Tua tahun 2014 yang lebih mengangkat kebudayaan di seluruh Indonesia dengan menampilkan kebudayaan asli betawi dan pembacaan syair dalam dua bahasa, yaitu bahasa daerah dari 34 provinsi di Indonesia dan bahasa nasional. Selain itu, di tahun 2015, Festival Kota Tua mengangkat tema tujuh pesona di barat Jakarta.

Sebaiknya B’timers jangan sampai kelewatan menyaksikan festival ini. Anda dapat melihat kebudayaan Jakarta atau Indonesia pada jaman dulu serta mencicipi makanan-makanan tempo doeloe khas Jakarta. (vpd)

Share This Article