Cerita di Balik Danau Pink di Australia! | Breaktime
Seperti Apa Cerita di Balik Danau Pink di Australia?
14.05.2016

Australia Barat merupakan rumah bagi sejumlah danau merah muda yang luar biasa. Lake Hillier, sebuah danau berwarna pink di pulau terbesar Middle Island. Danau tersebut tampak seperti permen karet pink jika dilihat dari atas, B’timers. Dengan panjang sekitar 600 meter, dikelilingi oleh tepian pasir dan hutan lebat paperbark dan pohon eucalyptus. Hmm, mungkin Anda penasaran dengan cerita di balik danau pink di Australia ini. Berikut beberapa fakta menariknya untuk Anda, B’timers.

Cerita di Balik Danau Pink di Australia! | Breaktime
Warnanya benar-benar pink, B’timers!

Belum ditemukan hingga tahun 1802

Di lepas pantai selatan Australia Barat terdapat rangkaian pulau-pulau yang disebut Recherche Archipelago. Dan pulau terbesarnya adalah Middle Island, B’timers. Pulau ini tidak berpenghuni demi untuk melestarikan hutan eucalyptus yang ada.

Pulau-pulau di daerah lepas pantai pertama kali dipetakan oleh Matthew Flinders, seorang penjelajah Inggris yang menjadi kapten penyidik HMS. Pada Januari 1802, Flinders pergi ke darat dan naik ke puncak tertinggi di sebuah pulau, B’timers.

Cerita sang kapten tentang warna pink

Saat melayangkan pandangan kea rah timur laut, dia terkejut mendapati sebuah danau kecil dengan warna mawar yang lembut. Pengalamannya itu dicatat dalam buku hariannya. Namun pemberian nama yang tidak biasa menjadi pertanyaan.

Sang kapten menamakan danau tersebut dengan nama William Hillier. Hillier adalah seorang awak yang meninggal karena disentri. Penyelidikan lebih lanjut dilakukan, dan ditemukan bahwa danau pink di Australia tersebut rasanya seasin seperti air di Laut Mati.

Cerita di Balik Danau Pink di Australia! | Breaktime
Flora dengan warna unik di sekitar danau pink

Bukan satu-satunya danau pink di dunia

Danau Retba, di pantau Senegal sama anehnya dengan Danau Hillier ini. Selama bertahun-tahun warga setempat memanen garam dari air di danau tersebut. Untuk melindungi para penambangnya, mereka mengolesi kulitnya dengan shea butter, B’timers.

Duinella salina, salah satu spesies alga merah yang memberi warna pada air danau, ditemukan tumbuh subur di danau air asin. Dan ilmuwan percaya bahwa ganggang yang sama turut bertanggung jawab untuk warna permen karet di Danau Hillier.

Cerita di Balik Danau Pink di Australia! | Breaktime
Amankah berenang di danau pink?

Apakah boleh berenang di Danau Hillier?

Para wisatawan yang berkunjung pernah melakukan pengamatan dengan mengambil air danau untuk membuktikan benarkah airnya berwarna pink. Memang dari permukaan, Anda melihat danau tersebut lebih transparan. Namun saat menuangkan air ke dalam wadah, rona merah muda itu masih ada.

Warna danau yang kontras dengan pemandangan di sekelilingnya menimbulkan ketakutan untuk turun dan berenang di dalam air pink tersebut. Padahal air ini terbukti tidak beracun, B’timers. Bawalah pakaian renang dan mengapunglah bersama anggur merah muda dari danau pink di Australia ini, B’timers. (NO)

Share This Article