Sepenggal Kisah Unik Di Balik Ramainya Malioboro | Breaktime
Sepenggal Kisah Unik Di Balik Ramainya Malioboro
19.02.2017

Berwisata ke Yogyakarta tentunya belum lengkap jika Anda tidak mengunjungi sebuah tempat yang paling populer di sana, yaitu Malioboro. Tempat ini merupakan kawasan perbelanjaan dan kuliner. Kawasan ini berada di pusat kota Yogyakarta. Namanya yang tersohor hingga ke mancanegara ternyata menyimpan banyak fakta unik yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Hal pertama yang banyak orang ketahui bahwa Malioboro adalah sebuah jalan yang membentang mulai dari Tugu Yogyakarta hingga perempatan kantor pos Yogyakarta. Di sepanjang jalan Anda akan menemui warung-warung makan dan cindera mata khas Jogja dengan harga yang sangat terjangkau.

Tahukah Anda bahwa ternyata Jalan Malioboro ini merupakan pusat garis imajiner yang menghubungkan Kraton Yogyakarta, Parangtritis, Pangung Krapyak, Tugu Jogja, dan Gunung Merapi.

Selanjutnya apakah B’timers tahu arti dari kata Malioboro? Yup, menurut catatan sejarawan P.B.R Carey, kata Malioboro berasal dari bahasa Sansekerta, Malyabhara yang berarti karangan bunga. Sepertinya makna dari nama Malioboro terbukti hingga saat ini, karena pesonanya mampu menarik banyak wisatawan layaknya sebuah karangan bunga.

Sepenggal Kisah Unik Di Balik Ramainya Malioboro | Breaktime
Malioboro pada masa kolonial. (Photo : Google)

Percaya atau tidak bahwa Malioboro dulunya hanya sebagai jalur utama tempat upacara perayaan yang dilakukan oleh Kraton dan menjadi kawasan pusat pemerintahan pada jaman kolonial Belanda.

Terbukti dengan adanya sisa-sisa peninggalan jaman Belanda yang masih berdiri hingga saat ini, yaitu Benteng Vredeburg yang berada di ujung jalan Malioboro.

Di kawasan Malioboro ini juga pernah menjadi panggung pertunjukan seniman pimpinan Umbu Landu Paranggi. Mereka jugalah yang mempopulerkan budaya duduk lesehan di trotoar yang saat ini menjadi salah satu ciri khas budaya Jogja.

Jadi, itulah beberapa fakta unik di balik ramainya Jalan Malioboro saat ini. Saat Anda datang ke Malioboro, Anda akan benar-benar merasakan suasana Jogja yang ramai, ramah, dan sarat akan budaya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE