Sepenggal Kisah Gaib Kesenian Bambu Gila Maluku | Breaktime
Sepenggal Kisah Gaib Kesenian Bambu Gila Maluku
20.10.2016

Ambon tidak hanya memiliki pesona wisata yang cantik. Ambon memiliki sebuah kesenian dan tradisi unik yang sarat akan hal-hal mistis dan ghoib. Nama keseniannya adalah bambu gila. Kesenian Ambon ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat hampir di seluruh Indonesia. Kesenian ini juga sering disorot oleh media.

Kesenian bambu gila mempunyai sebutan asli yaitu Baramasewel. Kesenian ini dipercaya sudah ada sebelum agama Islam dan Kristen tersebar di Maluku. Tradisi ini memiliki cara dan tahap permainan yang cukup membuat Anda merinding. Meskipun seringkali dimainkan pada hari masih cerah.

Pasalnya, sebelum memulai permainan bambu gila, sang pawang bertugas untuk membakar kemenyan yang diletakkan di wadah yang terbuat dari tempurung kelapa. Asap pembakaran kemenyan kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang akan digunakan untuk bermain. Proses ini merupakan yang utama karena dilakukan untuk mengundang makhluk ghoib untuk masuk dan menggerakkan bambu.

Cara memainkannya adalah dengan memeluk dan menahan laju bambu yang bergerak sesuai dengan kemauan sang pawang. Sepanjang permainan, sang pawang terus mengendalikan bambu yang dipeluk oleh para pemain. Bambu itu tidak akan berhenti jika sang pawang tidak menyuruhnya untuk berhenti.

Sepenggal Kisah Gaib Kesenian Bambu Gila Maluku | Breaktime
Permainan bambu gila yang sarat akan kesan mistis

Masyarakat Maluku yang masih sangat tradisional, dalam memainkan bambu gila ini akan terasa sangat mistis dan bukan orang sembarangan yang bisa memainkannya. Para pemain diharuskan bertelanjang dada dan menggunakan atribut yang berwarna merah.

Permainan bambu gila juga diiringi oleh musik tradisional Maluku. Biasanya permainan ini dimainkan oleh tujuh orang, disesuaikan dengan panjang bambunya. Bambu yang dipilih pun tidak sembarangan, yaitu diambil dari hutan dengan ritual khusus.

Unik dan misterius kan B’timers? Anda bisa melihatnya langsung ketika berkunjung ke Maluku. Permainan ini juga menjadi salah satu tradisi unik khas Indonesia yang harus dilestarikan. (vpd)

Share This Article