Sempati Star: Perjalanan Darat Medan-Aceh Mewah | Breaktime
Sempati Star: Perjalanan Darat Medan-Aceh Nan Mewah
31.03.2016

Perjalanan jarak jauh antar ibu kota provinsi memang tak harus ditempuh dengan jalur udara. Saya merasakan kenyamanan dan pengalaman tersendiri saat traveling menuju Aceh dengan naik bis dari Medan.

Setelah berdiskusi dengan beberapa rekan traveler yang sebelumnya pernah melakukan perjalanan darat Medan-Aceh, saya pun menjatuhkan pilihan pada bis antar kota antar provinsi Sempati Star.

Sempati Star memang sudah cukup terkenal di kalangan pengguna bis di Sumatera. Sempati Star yang berkantor pusat di Medan ini melayani rute-rute utama Sumatera, seperti Medan, Palembang, Sigli, Banda Aceh, Meulaboh, Lhoksumawe, dan Takengon.

Sempati Star: Perjalanan Darat Medan-Aceh Mewah | Breaktime
Armada Patas VIP dan Super Eksekutif Double Decker milik Sempati Star

Armada bis mereka sudah memiliki fitur-fitur canggih seperti sistem pengereman dan shock breaker menggunakan air suspension sehingga penumpang tidak perlu khawatir guncangan yang dikarenakan jalan rusak atau medan yang kurang bagus di jalanan Sumatera.

Saya sendiri cukup kagum dengan kondisi jalanan antara Medan dan Aceh yang mayoritas sudah sangat baik, kondisi jalanan teraspal dengan bagus, lebar, dan tak kalah dengan jalanan utama di Pulau Jawa.

Awal tahun 2016 ini perusahaan otobis Sempati Star membeli armada baru berupa sebuah bis kelas premium dengan tipe SHD double decker yang menggunakan chassis Mercedes Benz. Selain itu Sempati Star juga memiliki banyak armada lainnya dengan chassis Scania.

Sempati Star: Perjalanan Darat Medan-Aceh Mewah | Breaktime
Mewah, suasana di dalam kabin double decker Sempati Star

Sempati Star menawarkan berbagai kelas pada layanan bis mereka, di antaranya adalah kelas Patas, kelas Executive, kelas Super Executive, kelas Patas VIP, kelas Non Stop, serta kelas First Class dengan armada double decker yang melayani rute Medan menuju Banda Aceh.

Adapun daftar harga tiket dari Medan menuju Aceh adalah Rp 430.000 untuk kelas First Class, Rp 260.000 untuk kelas Non Stop, Rp 220.000 kelas Super VIP, Rp 200.000 kelas Patas VIP, Rp 190.000 kelas Super Executive, dan Rp 180.000 kelas Patas Executive.

Kelas-kelas yang ditawarkan Sempati Star memang sangat memanjakan penumpangnya. Naik bis berjam-jam pun terasa nyaman. Sempati Star juga mempunyai crew dan driver yang profesional serta ramah. Kondisi kursi, selimut, dan bantal pun terjaga rapi, bersih, dan harum.

Sempati Star: Perjalanan Darat Medan-Aceh Mewah | Breaktime
Garasi Sempati Star di Medan, sebelum memulai perjalanan ke Aceh

Satu lagi yang cukup unik dari bis-bis antar provinsi Medan - Aceh yang saya amati adalah memiliki "besi pengaman" pada kaca bagian depan. Sepintas, besi pengaman ini seperti mengganggu pandangan driver, namun ternyata besi pengaman tersebut memang digunakan untuk mencegah adanya pelemparan batu oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Sepintas memang cukup seram membayangkannya, namun dari pengalaman saya sepuluh jam naik bis ini dari Medan menuju Aceh, tak ada gangguan apapun di jalan. Perjalanan justru terasa sangat aman, nyaman, dengan kondisi jalanan yang mulus meski melewati pegunungan yang berkelok-kelok.

Pool Sempati Star di Medan yang beralamat di Jl. Asrama Pondok Kelapa juga sangat nyaman bagi calon penumpang. Terdapat kantin yang bisa menampung hingga sekitar 50 orang, minimarket, musholla yang luas, kamar mandi dan toilet, serta rest area. Tidakkah B’timers ingin mencicipi pengalaman naik Sempati Star? (ZA)

Share This Article