Sekilas Tentang Upacara Tabuik Khas Pariaman | Breaktime
Sekilas Tentang Upacara Tabuik Khas Pariaman
17.09.2016

Upacara Tabuik merupakan tradisi lokal khas masyarakat Minangkabau dalam rangka memperingati Asyura. Upacara ini dilakukan di daerah pantai Sumatera Barat, lebih tepatnya di Kota Pariaman. Festival ini menampilkan kembali pertempuran Karbala dengan memainkan drum tassa dan dhol.

Upacara ini dinamakan Tabuik karena merupakan istilah untuk usungan jenazah yang dibawa selama prosesi upacara. Lebih jelasnya, Tabuik adalah sebuah benda yang berbentuk keranda bertingkat tiga dan tingginya mencapai 12 meter yang terbuat dari kayu, rotan, dan bambu.

Tabuik ini dibuat 12 hari sebelum upacara dilakukan. Terdapat dua buah tabuik yang dibuat oleh dua kelompok masyarakat, yaitu Tabuik Pasa dan Tabuik Suberang. Masing-masing tabuik digotong oleh 20 orang laki-laki. 

Sekilas Tentang Upacara Tabuik Khas Pariaman | Breaktime
Alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi Upacara Tabuik

Tabuik ini menjadi benda utama selama prosesi upacara yang diarak ke tepi pantai untuk kemudian dibuang dan dihanyutkan ke laut. Masyarakat yang mengikuti upacara ini adalah semuanya masyarakat beragama muslim.

Upacara ini dilakukan setiap tahunnya di Pariaman pada 10 Muharram. Upacara Tabuik sudah dilakukan sejak lama, yaitu sekitar tahun 1831. Upacara Tabuik diperkenalkan oleh Pasukan Thamil Muslim Syi’ah dari India. Mereka akhirnya hidup di Sumatera Barat pada masa kekuasaan Inggris dulu.

Hal itu kini menjadi sejarah besar Kota Pariaman. Pesta Tabuik pun juga menjadi salah satu sejarah Pariaman yang menggambarkan tentang usaha pembauran antara pasukan Thamil dengan masyarakat Kota Pariaman jaman dahulu.

Sekilas Tentang Upacara Tabuik Khas Pariaman | Breaktime
Tari Piring khas Minangkabau yang menjadi pengiring Upacara Tabuik

Selain diiringi dengan alat musik tradisional, Upacara Tabuik ini juga dimeriahkan oleh pertunjukan tari-tarian adat, seperti tarian ombak dan tarian melayu khas Minangkabau. Dan juga banyak pertunjukan tradisional Pariaman yang sangat cantik dan seru untuk disaksikan.

Itulah sekilas tentang Upacara Tabuik khas Minangkabau yang patut untuk dilestarikan. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga adat istiadat Negara Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. (vpd)

Share This Article