Sekilas Cerita tentang Suku Karo dari Tanah Karo | Breaktime
Sekilas Cerita tentang Suku Karo dari Tanah Karo
23.08.2016

Yuk, sedikit mengulik cerita di balik Suku Karo dari Tanah Karo, B’timers! Suku Karo adalah suku yang mendiami beberapa wilayah di Sumatera Utara. Dan yang membuat Suku Karo terkenal, karena suku tersebut adalah salah satu suku terbesar yang ada di Sumatera utara, B’timers. Bahkan mereka juga memiliki bahasa sendiri dengan pakaian adat yang juga tak kalah unik.

Sekilas Cerita tentang Suku Karo dari Tanah Karo | Breaktime
Rumah adat milik Suku Karo

Asal muasal dari Suku Karo

Suku Karo adalah anak keturunan dari Kerajaan Haru-Karo atau Kerajaan Aru, yang merupakan kerajaan besar di Sumatera, B’timers. Sayangnya tidak ada sejarah pasti dari kerajaan tersebut, seperti dari kapan berdirinya. Namun dalam buku Karo dari Zaman ke Zaman, yang ditulis Brahma Putra, dituliskan bahwa, pada abad 1 Masehi sudah ada kerajaan di Sumatera Utara dengan raja bernama Pa Lagan.

Disebutkan bahwa, Kerajaan Haru-Karo tumbuh dan berkembang bersamaan waktunya dengan Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, Johor, Malaka dan Aceh. Hal ini dibuktikan karena Kerajaan Haru pernah berperang dengan kerajaan-kerajaan tersebut, B’timers. Di masa keemasannya, pengaruh Kerajaan Haru tersebar mulai dari Aceh Besar hingga ke Sungai Siak di Riau.

Sekilas Cerita tentang Suku Karo dari Tanah Karo | Breaktime
Salah satu tari tradisional Suku Karo

Bahasa yang digunakan Suku Karo

Seperti yang telah disebutkan, Suku Karo memiliki bahasanya sendiri. Aksara mereka atau juga Aksara Karo, yang merupakan aksara kuno yang dipergunakan oleh masyarakat Karo. Namun yang disayangkan adalah, penggunaannya saat ini sangat terbatas, B’timers. Bahkan hampir tidak pernah digunakan lagi. Hal ini cukup disayangkan, ya, B’timers?

Nah, seperti suku yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, Suku Karo pun memiliki budayanya yang terbilang sangat unik. Sebut saja, Raleng Tendi, yang merupakan kegiatan memanggil jiwa jika seseorang kurang tenang karena terkejut akibat kejadian yang tidak disangka. Atau Motong Rambai, atau sebuah pesta kecil keluarga untuk memangkas habis rambut bayi yang tidak rapi.

Dan budaya Suku Karo memang unik, ya, B’timers? (NO)

Share This Article