Sejarah Keren Tari Kecak Bali yang Mendunia | Breaktime
Sejarah Keren Tari Kecak Bali yang Mendunia
04.06.2016

Berlibur ke Pulau Dewata belum lengkap rasanya jika belum menyaksikan tarian Bali yang sudah terkenal di seluruh dunia, B’timers. Yups! Tari Kecak yang begitu kental akan ritual dan spiritual. Jadi, bagaimana sejarah Tari Kecak Bali hingga begitu mendarah daging dan seolah menjadi nyawanya masyarakat Bali?

Sebenarnya, belum ada sejarah pasti dan kongkrit dari mana Tari Kecak ini muncul dan pertama kali berkembang. Namun, masyarakat Bali memiliki kesepakatan yang menyebutkan Tari Kecak pertama kali berkembang di Bona, Gianyar. Awalnya, Tari Kecak merupakan suatu seni musik yang dihasilkan dari perpaduan suara yang biasa mengiringi Tarian Sahyang.

Saat itu, Tari Kecak hanya dapat dipentaskan di pura, karena Tarian Sahyang merupakan salah satu tarian yang sangat sakral. Namun, pada tahun 1930 muncul seorang seniman bernama Wayan Limbak yang bekerja sama dengan seorang pelukis dari Jerman, Walter Spies yang mencoba mengembangkan tarian ini dengan mengambil bagian dari cerita Ramayana.

Sejarah Keren Tari Kecak Bali yang Mendunia | Breaktime
Salah satu pertunjukan tari kecak

Dari hasil pengembangan tersebut, Tari Kecak kemudian mendramatarikan cerita Ramayana sebagai pengganti dari Tarian Sahyang yang sakral. Ini bertujuan agar tarian ini dapat dipentaskan di depan khalayak ramai. Bagian cerita yang diambil dan didramatarikan pada saat itu adalah kisah Dewi Shinta diculik oleh Rahwana.

Nama “Kecak’ adalah sebuah nama yang diambil dari suara yang keluar dari iringan tari tersebut. B’timers tentu sering mendengar penari yang berdendang mengeluarkan bunyi "Cak " yang diucapkan dengan cepat dan terus menerus. Bukan hanya sekedar diucapkan, kata "cak" ini memiliki arti yang sangat signifikan di dalam pementasan tarian ini. Mayoritas pemain Tari Kecak adalah puluhan laki-laki dengan formasi melingkar mengitari penari utama.

Well, Tari Kecak sendiri mulai populer di mancanegara sejak tahun 1970-an ho, B’timers. Itu bermula ketika Wayan Limbak berkeliling dunia untuk mempromosikan tari ini bersama dengan teman-teman lainnya yang diajak bergabung. Wah, terima kasih pada Wayan yang telah membawa Tari Kecak populer di dunia. (nap)

Share This Article