Seduh Cà Phê Trúng, Kopi Paling Populer di Hanoi | Breaktime
Seduh Cà Phê Trúng, Kopi Paling Populer di Hanoi
13.04.2017

Sebagai negara produsen kopi terbesar di Asia, tak salah bila Vietnam identik dengan kopi. Traveler yang berkunjung ke negara ini pun sangat mudah menemukan kafe-kafe penyedia kopi, terutama di Hanoi.

Dari sekian banyak jenis kopi Vietnam, salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Cà Phê Trúng atau egg coffee (kopi telur). Sesuai namanya, sajian utama minuman ini adalah kopi dan telur dalam satu cangkir atau gelas.

Kopi dan telur dalam satu cangkir? Benar. Minuman khas Hanoi ini berupa krim lembut berbusa seperti putih telur yang menjadi topping kopi Vietnam yang pekat. Ada dua versi kopi telur yang populer, yaitu panas dan dingin.

Seduh Cà Phê Trúng, Kopi Paling Populer di Hanoi | Breaktime
Kopi dengan topping telur yang unik ini banyak dicari wisatawan di Hanoi

Komposisi minuman ini sebenarnya tak hanya kopi dan telur saja, tetapi juga susu kental, sedikit mentega, dan gula, kadang juga diberi tambahan keju sesuai selera. Aroma telur pada minuman ini sepintas mengingatkan kita pada telur adonan kue yang harum.

Kafe Giang merupakan tempat dimana B'timers bisa menikmati sajian Ca Phe Trung yang unik di Hanoi. Kafe ini disebut-sebut sebagai yang pertama memperkenalkan Ca Phe Trung. Awalnya kuning telur digunakan pada kopi ini karena pada saat itu sedang kekurangan susu segar.

Menurut sejarah, budaya kopi dibawa oleh Perancis pada masa penjajahan sebagai pasokan untuk orang-orang Perancis di Vietnam. Seiring berjalannya waktu, budaya kopi mulai diikuti oleh warga lokal di hampir penjuru Vietnam.

Seduh Cà Phê Trúng, Kopi Paling Populer di Hanoi | Breaktime
Varian lain dari Ca Phe Trung yang banyak ditemui di kafe-kafe di Hanoi

Kopi memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari warga Vietnam. Generasi tua duduk-duduk minum kopi pada bangku kecil di trotoar sambil menghisap rokok. Sementara generasi muda lebih suka nongkrong di kafe-kafe.

Giang Cafe sendiri berada di lokasi strategis di kawasan Old Quarter yang merupakan pusat wisatawan di Hanoi. Satu porsi Ca Phe Trung berharga antara Rp 20 ribu sampai Rp 35 ribu Vietnam Dong, tergantung varian yang dipesan.

Selain Giang Cafe, beberapa kafe lain yang menyajikan Cà Phê Trúng diantaranya adalah Dinh Cafe, Oriberry Coffee, Leu Coffee, dan Loading T. Semuanya berada di kawasan Old Quarter, tak jauh dari danau Hoan Kiem di jantung kota Hanoi.

Jadi, kalau pergi ke Hanoi jangan pernah lupa untuk mampir ke kafe-kafe tersebut dan menikmati seduhan kopi khas yang nikmat banget di lidah. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE