Sedikit Mengintip Cerita Unik pada Suku Flores | Breaktime
Sedikit Mengintip Cerita Unik tentang Suku Flores
14.08.2016

Jika Anda pernah berlibur ke Flores, tentu tahu, jika ada suku yang mendiami wilayah Indonesia bagian timur tersebut, B’timers. Ya, Suku Flores merupakan suku yang tinggal di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Flores dalam Bahasa Portugis, berarti “bunga”, B’timers. Suku Flores merupakan campuran dari etnis Melanesia, Melayu dan Portugis. Nah, intip cerita unik di balik Suku Flores, yuk!

Sedikit Mengintip Cerita Unik pada Suku Flores | Breaktime
Batu tempat persembahan Suku Flores

Sejarah Suku Flores yang menarik

Mungkin Anda sedikit bertanya, bagaimana mungkin Suku Flores memiliki darah keturunan dari bangsa Portugis, kan? Ini karena mereka pernah menjadi koloni Portugis, B’timers. Nah, tak heran, jika kita akan menemukan beberapa budaya Portugis dalam kebudayaan Flores, nih. Sebut saja budaya Sikka, Flores Timur, Ende, Manggarai serta Ngada.

Dan yang menjadi daya tarik wisatawan, bahkan peneliti dari luar negeri adalah rumah adat Suku Flores. Rumah tradisional Suku Flores bisa dikategorikan sebagai boat communities. Hal tersebut karena adanya kemiripan dalam bentuk tertentu dengan sebuah perahu, B’timers. Dan rumah dengan bentuk setengah lingkaran ini-lah yang menjadi pusat kegiatan masyarakat tradisionalnya.

Sedikit Mengintip Cerita Unik pada Suku Flores | Breaktime
Selain kain tenun, kopi Flores bisa dijadikan oleh-oleh

Simbol dari rumah adat Suku Flores

Yang unik lagi dari rumah adat Suku Flores adalah simbol yang terlihat dari bentuk tiang di setiap rumah, B’timers. Tiang rumah yang disebut tiang feminin atau ni ainaf, sementara yang lainnya disebut dengan tiang maskolin atau hau monef. Rumah tradisional mereka juga merupakan tempat persembahan, lho. Dan ternyata setiap rumah tradisional Suku Flores memiliki nama yang berbeda.

Sementara harta yang mereka miliki adalah kain tenun. Barang yang satu ini bernilai jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan apapun, B’timers. Mereka menuangkan setiap ciri khas dari sukunya dalam kain tenunan keluarga. Ini yang menjadikan ada begitu banyak motif kain tenun Flores. Selain indah, karena cara pembuatannya yang tradisional, maka harga kain tenun Flores bisa dibilang tinggi.

Sudah ke Flores, tapi belum berkenalan dengan Suku Flores? Datang lagi saja, B’timers! (NO)

Share This Article