Sedekah Bumi, Tradisi Mensyukuri Anugerah Tuhan | Breaktime
Sedekah Bumi, Tradisi Mensyukuri Anugerah Tuhan
24.09.2016

Hmm, apa itu Tradisi Sedekah Bumi, ya, B’timers? Mungkin maksudnya memberikan sedekah pada bumi kita. Well, Sedekah Bumi adalah salah satu bentuk upacara adat untuk melambangkan rasa syukur warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan rezeki. Rezeki itu berupa segala macam hasil bumi. Dan dari mana tradisi unik ini berasal? Check this out, B’timers!

Sedekah Bumi, Tradisi Mensyukuri Anugerah Tuhan | Breaktime
Akan ada arak-arakan hasil bumi

Daerah asal Tradisi Sedekah Bumi

Upacara ini sebenarnya bisa Anda temui di manapun, B’timers. Namun Sedekah Bumi sangat populer di Jawa. Ya, Sedekah Bumi merupakan ritual tradisional masyarakat Jawa. Tradisi unik yang satu ini sudah berlangsung secara turun temurun dalam waktu yang lama. Pada umumnya ritual ini hanya untuk para petani yang menggantungkan hidupnya pada hasil bumi.

Tradisi Sedekah Bumi ini dilaksanakan setiap tahunnya pada awal bulan Muharam atau Suro. Karena itu, sesajian yang paling penting dalam upacara adalah bubur suro. selain tentunya hasil bumi lainnya, yang nanti akan dimakan atau dikuburkan, B’timers. Namun tak hanya hasil bumi saja, hasil ternak, terutama kepala hewan ternak akan dikurbankan dengan cara dikubur.

Sedekah Bumi, Tradisi Mensyukuri Anugerah Tuhan | Breaktime
Semua hasil bumi ditata sedemikian rupa

Tata cara Tradisi Sedekah Bumi

Di setiap pelaksanaannya, sebenarnya tidak terlalu banyak kegiatan yang dilakukan, B’timers. Yang unik adalah, pada saat acara berlangsung, seluruh masyarakat akan datang untuk ikut merayakannya. Bahkan Sedekah Bumi sudah menjadi saah satu daya tarik wisatawan, lho. Pada puncak Upacara Sedekah Bumi akan dilantunkan doa secara bersama, dipimpin sesepuh.

Karena digelar di Tanah Jawa, Anda akan mendapatkan keunikan lainnya. Terutama ketika tiba waktunya melantunkan doa pada puncak acara, B’timers. Di dalam lantunan doanya, Anda dapat merasakan satu keharmonisan dari perpaduan antara kalimat-kalimat berbahasa Jawa dengan doa-doa yang bernuansa islami.

Unik dan menarik, ya, Tradisi Sedekah Bumi dari Jawa ini, B’timers? (NO)

Share This Article