Sambut Ramadan, Kepulauan Riau Ada Balimau Kasai | Breaktime
Sambut Ramadan, Kepulauan Riau Ada Balimau Kasai
03.09.2016

Hmm, penasaran apa itu, Balimau Kasai, B’timers? Nah, Balimau Kasai adalah upacara tradisional yang sangat istimewa bagi masyarakat yang tinggal di Kampar, Provinsi Riau untuk menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadan. Jadi ritual ini dilaksanakan sehari sebelum masuknya bulan puasa. Simak seperti apa keunikan dari Balimau Kasai, yuk, B’timers!

Sambut Ramadan, Kepulauan Riau Ada Balimau Kasai | Breaktime
Yeay! Waktunya unjuk kebolehan dan terjun bebas!

Upacara simbol penyucian dan pembersihan diri

Nah, oleh masyarakat setempat, Balimau Kasai ini merupakan ungkapan rasa syukut dan kegembiraan karena memasuki bulan puasa. Tak hanya itu, tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini juga dianggap sebagai simbol penyucian dan pembersihan diri. Kata “balimau” memiliki makna mandi dengan air yang dicampur jeruk atau limau, B’timers.

Sementara kata “kasai” adalah wewangian yang dipakai saat mencuci rambut. Bagi masyarakat Kampar, pengharum rambut atau kasai ini dipercaya mampu mengusir segala macam rasa dengki yang ada dalam kepala sebelum masuk bulan puasa. Mereka menilai, jika semua perasaan negatif tidak dibuang, maka pelaksanaan puasa tidak akan maksimal.

Sambut Ramadan, Kepulauan Riau Ada Balimau Kasai | Breaktime
Panggung mengapung saat ritual Balimau Kasai

Tak hanya ada di Kampar, di Sumatera Barat juga

Dan sebenarnya upacara bersih diri atau mandi sebelum memasuki Bulan Ramadan tidak hanya dimiliki masyarakat Kampar saja, B’timers. Kota Pelalawan di Sumatera Barat juga memiliki tradisi yang serupa, yang dikenal dengan nama Balimau Kasai Potang Mamogang. Nah, arti dari kata “potang mamogang” ini adalah menjelang petang yang merupakan waktu pelaksanaan upacara.

Yang membuat Balimau Kasai ini istimewa di mata wisatawan yang datang berlibur di Riau adalah heboh dan serunya masyarakat berbondong-bondong menuju pinggir Sungai Kampar untuk menceburkan diri. Nah, sebelum upacara Balimau Kasai dilangsungkan, ada ritual makan bersama, B’timers. Ritual dengan nama Makan Majamba ini adalah yang paling dinantikan.

Seru, kan, rituap dari upacara Balimau Kasai di Riau ini, B’timers? (NO)

Share This Article