Ritual Unik di Indonesia Merayakan Idul Adha | Breaktime
Ritual Unik di Indonesia Merayakan Idul Adha
12.09.2016

Hari Raya Idul Adha tidak hanya dilakukan semata-mata untuk beribadah, tetapi juga dilakukan beberapa perayaan di beberapa daerah sesuai dengan adat masing-masing. Dengan adanya perayaan Lebaran Haji ini, masyarakat akan lebih antusias. Berikut ini ada 3 perayaan Idul Adha di Indonesia. Yuk, simak ulasannya!

Grebeg Gunungan

Ritual Unik di Indonesia Merayakan Idul Adha | Breaktime
Tradisi Grebeg Gunungan, Yogyakarata

Tradisi ini merupakan perayaan yang dilakukan di Keraton Yogyakarta. Perayaan ini dilakukan sesaat menjelang Idul Adha yang sudah ada sejak dulu dan diwariskan secara turun-temurun. Dalam acara ini aka nada tiga gunungan yang diisi dengan berbagai makanan dan diarak, dikawal oleh prajurit keratin dengan dua ekor kuda.

Arak-arakan ini dimulai dari halaman keraton di alun-alun utara menuju masjid. Setelah itu, dibacakan doa dan warga yang hadir boleh mengambil isi gunungan yang dipercaya mendatangkan berkah.

Apitan

Ritual Unik di Indonesia Merayakan Idul Adha | Breaktime
Sedekah Bumi Apitan, Semarang

Warga Semarang juga menggelar perayaan menjelang Idul Adha yang biasa disebut dengan Apitan atau lebih dikenal dengan Sedekah Bumi Apitan sebagai wujud syukur atas rejeki yang diberikan oleh Tuhan. Bentuk syukur ini adalah dengan melakukan arak-arakan tumpeng dan hasil bumi.

Manten Sapi

Ritual Unik di Indonesia Merayakan Idul Adha | Breaktime
Tradisi Manten Sapi di Pasuruan

Tak ingin kalah dengan Yogyakarta dan Semarang, Kota Pasuruan, Jawa Timur juga memilii tradisi unik saat Idul Adha yaitu Manten Sapi. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih.

Sapi-sapi akan dirias dan dikalungi bunga tujuh rupa dan dibalut dengan kain putih. Setelah itu, diarak oleh ratusan warga setempat menuju masjid.

Indonesia memang memiliki beraneka ragam adat dan kebudayaan sampai perayaan Lebaran Qurban pun ternyata ada tradisi yang unik di beberapa daerah. Lalu bagaimana Anda merayakan Hari Raya Idul Adha ini, B’timers? (vpd)

Share This Article