Rambu Solo, Upacara Unik yang Ada di Tana Toraja | Breaktime
Rambu Solo, Upacara Unik yang Ada di Tana Toraja
19.07.2016

Jika menginjakkan kaki di Toraja, Anda akan mendapatkan cerita paling menarik yang ada di Indonesia, B’timers. Ya, Tana Toraja memang merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik paling populer di Sulawesi Selatan. Anda akan diajak berkenalan dengan budaya khas Suku Toraja yang tinggal di daerah pegunungan. Salah satu tradisi yang menarik wisatawan adalah Rambu Solo, B’timers.

Ritual tradisional untuk mengantarkan kematian

Masyarakat Toraja memiliki perbedaan yang jelas antara upacara atau ritual kehidupan serta ritual yang terkait dengan kehidupan dan kematian, B’timers. Dan ada dua jenis upacara adat yang populer di Tana Toraja, yaitu Rambu Solo dan Rambu Tuka. Rambu Solo merupakan upacara pemakanan. Sementara itu Rambu Tuka adalah upacara atas rumah adat yang baru direnovasi.

Kepercayaan yang masih mereka pegang teguh hingga kini adalah, jika tidak ada upacara penguburan, maka arwah yang meninggal akan mendatangkan kemalangan kepada orang-orang yang ditinggalkan, B’timers. Mereka menganggap orang meninggal adalah orang sakit, jadi harus dirawat dan diperlakukan seperti orang yang masih hidup dengan menyediakan berbagai kebutuhan mereka.

Rambu Solo, Upacara Unik yang Ada di Tana Toraja | Breaktime
Jumlah kerbau katakan kekayaan keluarga

Tradisi perayaan unik pemakanan Rambu Solo

Untuk melaksanakan upacara Rambu Solo ini mereka harus mempersiapkannya hingga berbulan-bulan, lho, B’timers. Selagi menunggu upacara siap, tubuh orang yang meninggal akan dibungkus kain dan disimpan di rumah leluhur atau tongkonan. Biasanya puncak Rambu Solo berlangsung di bulan Juli dan Agustus. Tak hanya orang Toraja yang menyaksikan upacara, wisatawan mancanegara pun datang.

Yang menandakan tingkatan status sosial keluarga adalah jumlah kerbau untuk dijadikan hewan kurban. Semakin banyak, maka semakin tinggi status mereka di masyarakat, B’timers. Upacara pemotongan hewan inilah yang menjadi atraksi paling menarik, Mereka akan menebas leher kerbau menggunakan parang dengan sekali ayunan.

Tertarik untuk menyaksikan upacara Rambu Solo yang unik di Tana Toraja, B’timers? (NO)

Share This Article