Rabo-Rabo; Tradisi Natal Yang Seru di Jakarta | Breaktime
Rabo-Rabo; Tradisi Natal Yang Seru di Jakarta
24.12.2016

Selamat hari Christmas Eve bagi B’Timers yang merayakan!  Sebagai umat Kristiani dan Katolik, perayaan Natal sudah tentu menjadi perayaan yang Anda tunggu-tunggu sepanjang tahun. Anda sekeluarga sudah tentu telah menyiapkan berbagai macam keperluan untuk menyambut Natal. Dan tahukah Anda bahwa perayaan Natal pun dirayakan dengan cara-cara yang berbeda di tiap suku bangsa, termasuk di kota metropolitan Jakarta?

Perayaan adat yang unik ini dapat Anda saksikan jika Anda berkunjung ke Kampung Tugu yang terletak di Jakarta Utara. Dan seperti yang telah Anda ketahui, penduduk di Kampung Tugu merupakan orang-orang dengan darah keturunan bangsa Portugis. Rabo-Rabo adalah sebuah acara adat yang dilakukan oleh leluhur mereka dan tetap dilestarikan hingga kini.

Saat perayaan Rabo-Rabo, para warga akan mengunjungi gereja-gereja yang berada di lingkungan mereka dan kemudian dilanjutkan dengan anjangsana ke tiap rumah untuk memberikan salam dan meminta maaf yang diiringi oleh nyanyian dan tarian serta dimeriahkan dengan permainan musik tradisional. Sekilas, ritual budaya tersebut terlihat mirip dengan ajang silaturahmi yang selalu dilakukan oleh umat Islam saat hari raya Idul Fitri. 

Rabo-Rabo; Tradisi Natal Yang Seru di Jakarta | Breaktime
Perayaan tradisional yang menambah kemeriahan Natal

Walaupun demikian, ada satu hal unik yang membedakan yaitu bagi warga yang dikunjungi mereka wajib mengikuti si pengunjung dengan menari dan bernyanyi dengan ceria. Hal tersebut sangat sesuai dengan arti kata “rabo” pada “rabo-rabo” yang berarti “mengekor” atau “mengikuti.”

Perayaan tersebut ditutup dengan tradisi mandi-mandi dan berkumpul bersama sembari mencoret wajah satu sama lain dengan menggunakan bedak putih. Hal tersebut merupakan simbol dari penebusan dosa dan permintaan maaf dengan harapan bahwa mereka dapat membersihkan dan melupakan persengkataan yang terjadi di masa lalu dan menyambut tahun baru dengan hati yang bersih dan semangat baru. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE