Pulung Gantung, Mitos Mengerikan di Gunungkidul | Breaktime
Pulung Gantung, Mitos Mengerikan di Gunungkidul
04.08.2016

Apa yang paling Anda senangi dari Gunungkidul, B’timers? Tentu keindahan alamnya, bukan? Eits, tapi tunggu dulu, karena ada mitos mengerikan yang bersembunyi di balik pesona Gunungkidul, lho. Pulung Gantung namanya. Makhluk ini dipercaya masyarakat sekitar akan datang untuk memilih warga yang terpercaya. Hmm, seperti apa, sih, mitos di balik Pulung Gantung, B’timers?

Pulung Gantung, Mitos Mengerikan di Gunungkidul | Breaktime
Bola api akan menjemput korbannya

Mitos Pulung Gantung di Gunungkidul

Tidak, tidak seperti pulung yang sering diartikan sebagai tanda pembawa berkah bagi calon pemimpin, B’timers. Pulung Gantung yang ada di Gunungkidul ini dipercaya merupakan kekuatan gaib yang akan membuat seseorang mati, yaitu dengan cara bunuh diri, B’timers! Hiii! Itu karena orang yang terkena pulung, tidak memiliki kekuatan untuk menolak takdir dan akan mati dengan cara gantung diri.

Memang, zaman telah berubah, B’timers. Namun kenyataannya kepercayaan tersebut masih melekat di kawasan setempat, lho. Nah, Pulung Gantung ini digambarkan seperti bola api berpijar berwarna merah kekuningan dengan ekor yang datang dari langit. Biasanya Pulung Gantung berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lainnya.

Pulung Gantung, Mitos Mengerikan di Gunungkidul | Breaktime
Di balik misterinya, Gunungkidul memiliki keindahan

Ketakutan karena legenda Pulung Gantung

Karena legenda mengerikan yang dipercayai masyarakat Gunungkidul, para ahli menyelidiki fenomena tersebut. Dan menurut mereka, pemicu bunuh diri sebenarnya adalah faktor kemiskinan dan kebodohan saja, B’timers. Namun kebenaran dan rahasia di balik Pulung Gantung ini belum sepenuhnya terbongkar. Bahkan saking seringnya peristiwa menimpa warga, mereka sudah biasa menanggapinya, lho.

Yang unik dari warga yang bunuh diri karena mitos Pulung Gantung ini, mayatnya tak akan dimandikan, disholatkan, dikafani maupun didoakan, B’timers. Mayat akan dikuburkan begitu saja. Ini karena mereka percaya, jika dimandikan maka energi negatif yang ada di dalam tubuh orang tersebut akan pindah ke orang lain, B’timers.

Hiiiiii! Anda percaya dengan legenda Pulung Gantung, B’timers? (NO)

Share This Article