Perjalanan Menembus Hutan Bambu Arashiyama Kyoto | Breaktime
Perjalanan Menembus Hutan Bambu Arashiyama Kyoto
27.11.2016

Kyoto merupakan bekas ibukota Kekaisaran Jepang selama lebih dari seribu tahun, tak heran bila kota ini menyimpan banyak destinasi wisata sejarah masa lalu, seperti kuil-kuil dan bekas istana Kaisar Jepang.

Namun tak hanya wisata budaya yang bisa B'timers dapatkan di Kyoto. Kota yang masuk dalam daftar situs budaya warisan dunia UNESCO ini juga punya beberapa wisata alam, salah satunya adalah Hutan Bambu Arashiyama atau Arashiyama Bamboo Grove.

Perjalanan Menembus Hutan Bambu Arashiyama Kyoto | Breaktime
Inilah salah satu pintu masuk hutan bambu di depan Tenruji Temple

Arashiyama Bamboo Grove merupakan satu dari tiga destinasi wisata paling populer di Kyoto, selain Fushimi Inari Shrine dan Kuil Kinkaku-ji. Di kawasan hutan bambu Arashiyama ini B'timers juga bisa berkunjung ke kuil cantik, Tenryuji Temple.

Gambar-gambar tentang hutan bambu Arashiyama bisa kita temui pada banyak tempat di Kyoto, mulai dari penginapan, hiasan dinding di tempat makan, cafe, dan sebagainya. Bangsa Jepang memang memiliki sejarah panjang tentang bambu, termasuk dalam sejumlah cerita nenek moyang, mitos, dan legenda setempat.

Perjalanan Menembus Hutan Bambu Arashiyama Kyoto | Breaktime
Begitu panjang sejarah, legenda dan mitos terkait pohon bambu

Ada beberapa "pintu masuk" menuju kawasan hutan Arashiyama,diantaranya adalah melalui kuil Tenryuji dan Nonomiya Shrine. Wisatawan tinggal mengikuti jalur yang sudah ada dengan sepanjang jalan ditumbuhi pepohonan bambu di kiri kanannya.

Apabila B'timers merasa capek jalan kaki menyusuri hutan bambu ini, tersedia jasa sewa sepeda dan becack tradisional Jepang (rickshaw) yang ditarik oleh anak-anak muda Jepang.

Perjalanan Menembus Hutan Bambu Arashiyama Kyoto | Breaktime
Ambil beberapa foto sembari menikmati suasana sepanjang jalur hutan bambu

Selain menarik becak, anak-anak muda ini juga menjelaskan secara singkat tentang Arashiyama, lokasi, dan sejarahnya. Biaya sewa rickshaw berkisar 5000 sampai 7000 yen, tergantung jauh dekatnya jarak yang ditempuh.

Tidak ada tiket masuk menuju hutan bambu Arashiyama ini (kecuali B'timers menyewa sepeda atau rickshaw). Yang diperlukan hanyalah mempersiapkan kamera dan tenaga untuk berjalan menyusuri hutan bambu yang indah sekaligus sakral ini.

Perjalanan Menembus Hutan Bambu Arashiyama Kyoto | Breaktime
Hutan bambu ini adalah satu dari tiga destinasi paling populer di Kyoto

Lokasi hutan bambu Arashiyama berada cukup jauh dari pusat kota Kyoto, sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan bis kota. Akses paling mudah menuju tempat ini adalah dengan bis kota atau kereta JR Line dari Kyoto Station dan turun di Arashiyama (Arashiyama Hankyu Station).

Dengan suasana alami nan magis khas hutan bambu Jepang, Arashiyama Bamboo Grove sangat layak dimasukkan dalam daftar “must visit place” apabila B’timers berkunjung berkunjung ke Kyoto. (ZA)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE