Perbedaan 3 Kota Besar di Cina, Apa Saja, Sih? | Breaktime
Perbedaan 3 Kota Besar di Cina, Apa Saja, Sih?
14.03.2016

Beijing, Guangzhou, dan Shanghai, merupakan 3 kota besar di Cina yang namanya cukup populer di kancah Internasional. Bahkan, ketiga kota besar ini, seringkali dibanding-bandingkan dengan berbagai kota besar di negara-negara maju. Meski setali tiga uang, ternyata ketiga kota besar ini, memiliki perbedaan, lho, B’timers. Apa saja, ya?

Beijing

Perbedaan 3 Kota Besar di Cina, Apa Saja, Sih? | Breaktime
Indahnya The Beijing National Stadium di malam hari

Menjadi Ibukota Cina, Beijing pernah dijadikan tempat perhelatan akbar Olimpiade 2008. Tak hanya dikenal karena The Beijing National Stadiumnya yang megah, Beijing juga memiliki Great Wall yang bersejarah dan berdiri kokoh menghiasi Cina.

Oleh karena itu, Beijing merupakan tempat paling tepat untuk mengenal sejarah dan menikmati indahnya Cina. Selain keindahannya, Beijing juga memiliki cuaca yang sedikit kering dengan musim semi dan musim gugur yang pendek dibandingkan musim panas dan dingin.

Selain hal-hal tersebut, Beijing juga memiliki kehidupan malam yang cukup ramai. Tak sedikit klub besar berdiri di Beijing yang masih menjunjung tinggi seni budaya. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena mereka juga menyukai musik pop, techno, dan hip hop.

Guangzhou

Perbedaan 3 Kota Besar di Cina, Apa Saja, Sih? | Breaktime
Kesibukan Kota Guangzhou yang tak pernah sepi

Guangzhou dulunya dikenal sebagai Canton atau Kanton dan menjadi pintu gerbang perdagangan hingga kini. Sayangnya, meski menjadi provinsi terkaya di Cina, banyak turis asing yang tak mengenal Guangzhou. Padahal, Guangzhou terletak hanya 174 kilometer dari Hong Kong.

Guangzhou dianggap cocok sebagai tempat wisata karena merupakan sektor perdagangan yang besar di Cina. Selain itu, letaknya yang dekat dengan Macau dan Hong Kong menjadikan budget perjalanan yang dibutuhkan bisa diminimalisir.

Arus kehidupan yang sibuk di Guangzhou juga mempengaruhi kehidupan malam di lokasi ini. Setiap beberapa bulan karena arus kehidupan yang cukup cepat, akan bermunculan klub-klub baru yang lebih besar dan megah. Jika tak puas di Guangzhou, Anda juga bisa singgah ke Hong Kong yang terkenal dengan kehidupan malamnya.

Shanghai

Perbedaan 3 Kota Besar di Cina, Apa Saja, Sih? | Breaktime
Cantiknya Kota Shanghai dari sungai Suzhou

Kota terbesar di Cina ini, sering disebut sebagai The New York of China. Tak salah memang julukan tersebut mengingat Shanghai yang dipenuhi dengan perusahaan bertaraf internasional yang banyak berdiri di kota ini. Perkembangan karir dan keuangan di kota ini pun cukup pesat dibandingkan kota-kota di Cina lainnya.

Sayangnya, Shanghai memiliki iklim subtropis lembab yang cukup ekstrim, dimana musim dingin akan sangat dingin dan musim panas terasa begitu terik. Meski tak bisa dibilang murah untuk melakukan wisata di Shanghai, namun karena berdekatan dengan beberapa kota populer di Cina kota ini bisa menjadi pilihan.

Soal kehidupan malam, Shanghai bisa dibilang terbaik di Cina. Tak hanya karena kotanya yang cukup besar, namun juga keragaman masyarakatnya yang menyebabkan adanya variasi hiburan yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. (dfr)

Share This Article