Penerbit Buku Travel Pribadi akan Ajari Anda ini | Breaktime
Penerbit Buku Travel Pribadi akan Ajari Anda ini!
29.05.2016

Penerbitan buku adalah prospek yang mengerikan, terutama penerbit buku pribadi, B’timers. Namun, penulis buku travel Emma Higgins membagi beberapa pengalaman dan pelajarannya dari self-publishing, lho. Simak seperti apa bocorannya, berikut, yuk, B’timers!

Tidak masalah meski belum siap

Usaha ini merupakan proyek yang sangat beresiko. Dan itu menjadi alasan banyak orang tidak mau memulai sebelum mereka merasa siap. Padahal, Anda tidak akan sepenuhnya siap. Jika sudah terjun, barulah Anda akan belajar bagaimana harus menangani semuanya.

Penerbit Buku Travel Pribadi akan Ajari Anda ini | Breaktime
Jangan pernah berpikir dan menunda, segera mulai!

Mulai dengan yang Anda ketahui

Agar langkah pertama menjadi lebih mudah bagi Anda, maka mulailah dengan hal yang Anda yakin bisa melakukannya, B’timers. Pikirkan apa yang dapat membuat Anda menulis dengan semangat dan tak terbebani. Maka pilih dan kerjakan yang itu.

Kenali target pasar

Tidak mudah membuat cerita yang menarik banyak orang, semua mengetahui hal tersebut. Selalu ada sebuah buku yang telah menuliskan setiap sudut di dunia ini, B’timers. Jelajahi setiap toko buku lokal dan temukan judul cerita yang serupa tapi dengan gaya Anda.

Jangan cemaskan uang

Jika Anda sudah berpikir bahwa harus ada sejumlah dana sebelum memulai, maka uang adalah halangan pertama yang terberat. Namun jika Anda menganggap demikian, maka sampai kapanpun Anda tak akan mampu menerbitkan buku travel sendiri, B’timers.

Penerbit Buku Travel Pribadi akan Ajari Anda ini | Breaktime
Uang bukan masalah dibanding dengan kemauan dan keinginan

Ceritakan pada orang lain

Langkah selanjutnya, ceritakan bahwa Anda menulis buku perjalanan wisata pribadi. Menyimpan hal tersebut dari orang lain akan mengacaukan semuanya dalam kepala Anda. Beritahu teman dan keluarga Anda mengenai ide-ide yang akan tertuang dalam buku tersebut.

Sewa editor dan desainer

Ingatlah bahwa Anda tidak memiliki kekuatan super untuk mengatasi segalanya seorang diri. Menyewa seseorang yang ahli di bidangnya akan memberikan pencapaian yang lebih besar, lho. Cari editor berpengalaman dan desainer visual yang akan membantu Anda.

Selain itu, jangan sepelekan untuk segera memulai promosi awal, B’timers. Meskipun cetakan buku Anda belum terbit, apa salahnya memberitahu dunia mengenai buku baru Anda. Setelah itu, percayalah pada diri Anda sendiri dan hasil karya Anda. Dan Anda akan mencapai kesuksesan, B’timers. (NO)

Share This Article