Penemuan Manusia Hobbit Di Liang Bua, Flores | Breaktime
Penemuan Manusia Hobbit Di Liang Bua, Flores
20.02.2017

Flores sepertinya juga sedang menjadi primadona di kalangan wisatawan. Keindahan alam, suku, dan budaya yang dimiliki Flores sudah tidak bisa terbantahkan lagi. Flores punya Labuan Bajo dengan eksotisme wisata bahari yang sedemikian rupa. Ada juga desa Wae Rebo yang punya kehidupan unik di ketinggian 1.200 mdpl. Masih banyak lagi yang bisa digali dari potensi wisata Flores, lho B’timers.

Salah satu yang baru-baru ini menjadi daya tarik wisatawan adalah Liang Bua. Tempat ini adalah sebuah gua dengan bebatuan stalaktit dan stalakmit. Untuk sampai di Liang Bua Anda bisa menggunakan guide agar lebih memudahkan perjalanan Anda. Tetapi, jika Anda ingin mengeksplor Liang Bua sendiri juga bisa.

Liang Bua terletak sekitar 13 km dari Ruteng. Anda akan menempuh waktu sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan. Ada dua jenis kendaraan yang bisa Anda naiki, transportasi umum atau kendaraan pribadi. Hanya saja jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Penemuan Manusia Hobbit Di Liang Bua, Flores | Breaktime
Kawasan gua di Liang Bua yang dulunya jadi rumah hobbit (Photo by pegipegi.com)

Jika Anda memutuskan  untuk naik angkutan umum, bisa menggunakan dua jalur. Pertama Anda bisa naik bus dari terminal Ruteng atau bisa juga naik abemo arah Ruteng – Ranggi / Ruteng – Akel. Untuk naik kendaraan umum, Anda hanya butuh biaya Rp 7 ribu saja. Murah, kan?

Kalau naik kendaraan umum, bisa mengambil jalan kea rah Labuan Bajo mengikuti jalan ke arah utara kira-kira 2,5 km. Nah, ketika sampai di sebuah jalan yang disegel ambil jalan ke kiri, melewati Desa Lalong. Anda hanya perlu mengikuti jalan sepanjang 14 km sebelum akhirnya sampai di pintu gerbang masuk. Anda masih harus masuk 1 km lagi untuk sampai di pintu masuk gua.

Tidak sulit, kok B’timers untuk sampai di Liang Bua. Hanya akan membutuhkan waktu perjalanan darat yang tidak terlalu lama. Tetapi sesampainya di sana, tidak hanya disuguhkan dengan gua yang sama seperti dengan gua pada umumnya. Gua ini memiliki keistimewaan sendiri.

Penemuan Manusia Hobbit Di Liang Bua, Flores | Breaktime
Hobbit yang hidup di Liang Bua (Photo by Google)

Liang Bua dikenal juga dengan sebutan Flores Hobbit Cave. Mengapa demikian? Yup, ini karena di Liang Bua inilah ditemukan tulang-belulang Homo Floresiensis. Apakah itu? Homo Florensiensis adalah sebuah spesies baru manusia pra sejarah yang punya ukuran tubuh sangat kerdil. Itulah mengapa mereka disebut juga dengan hobbit. Tempat ini memainkan peran yang sangat penting di masa lalu, karena Liang Bua menjadi tempat tinggal para manusia hobbit dari spesies tersebut.

Fosil yang ditemukan di sana adalah fosil manusia dewasa dengan tinggi hanya 105 cm. Penggalian tersebut dilakukan pada tahun 2003. Fosil manusia hobbit Flores itu ditemukan di bawah lapisan abu vulkanik dengan kedalaman sekitar 6 meter. Orang-orang ini diperkirakan hidup dalam kurun tahun 18.000 atau 30.000 tahun yang lalu.

Nah, tak hanya mengunjungi goa hobbit saja, Anda juga bisa menikmati pesona alam pedesaan yang masih sangat alami dan mencicipi makanan khas Flores di warung-warung yang ada di sekitar goa hobbit. Selain itu, Anda juga bisa bercengkeramah dengan warga sekitar goa. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE