Pawai Unik Rakyat Bandung; Pawai Jampana | Breaktime
Pawai Unik Rakyat Bandung; Pawai Jampana
28.12.2016

Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya, tidak hanya dari segi kekayaan alam baik flora dan fauna, tetapi juga keanekaragaman suku-suku dengan berbagai macam adat istiadat yang unik dan menarik. Dan bahkan ketika pada akhirnya rakyat Indonesia ikut serta dalam hubungan masyarakat global, adat istiadat leluhur tersebut hingga kini masih dipegang teguh oleh suku-suku tersebut dan perayaan-perayaan adat tersebut pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun internasional.

Bandung merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat dimana sebagian besar penduduknya merupakan rakyat suku Sunda yang hingga kini masih memegang teguh ajaran dan adat istiadat leluhur di tengah-tengah arus modernisasi. Dan apabila Anda mengunjungi kota Bandung pada waktu-waktu tertentu, Anda akan berkesempatan untuk menyaksikan berbagai macam festival perayaan khas Sunda di Kota Kembang ini.

Pawai Unik Rakyat Bandung; Pawai Jampana | Breaktime
Inilah antusiasme warga yang berpartisipasi dalam pawai

Salah satu perayaan adat yang unik di Bandung adalah perayaan Pawai Jampana. Pawai Jampana merupakan arak-arakan pawai yang diikuti oleh rakyat Bandung dari berbagai lapisan sosial dimana mereka akan mengarak sebuah tandu yang berisi hasil-hasil kekayaan daerah, baik dalam bentuk hasil panen maupun hasil kerajinan warga. Salah satu bentuk dari persembahan bumi tersebut berupa nasi tumpeng yang dibuat dari hasil-hasil pertanian dan peternakan warga. Nasi tumpeng tersebut kemudian akan diberikan kepada para peserta pawai dan hasil-hasil bumi yang lain akan diperebutkan oleh peserta pawai dan penonton sehingga menambah semarak dari perayaan ini.

Waktu pelaksanaan dari Pawai Jampana sendiri digelar tiap tanggal 17 Agustus yang berbarengan dengan perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Pawai rakyat ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah Bandung. Dengan lestarinya perayaan Pawai Jampana ini diharapkan akan menarik lebih banyak wisatawan untuk mengunjungi kota Bandung.

Nah, B’Timers, apakah Anda juga tertarik untuk datang ke Bandung dan menyaksikan keseruan pawai Jampana? (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE