Overland Flores, Tempat Wisata Terbaik NTT dan NTB | Breaktime
Overland Flores, Keindahan Tak Berujung Dari Barat ke Timur
21.09.2015

Pulau-pulau di kawasan Indonesia timur memiliki sejuta pesona yang menarik untuk dieksplor dan dinikmati melalui perjalanan darat dan laut, atau yang dikenal dengan istilah overland.

Salah satu destinasi overland favorit saya adalah Pulau Flores yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari ujung barat ke ujung timur, pulau terbesar di NTT ini sangat menarik untuk dijelajahi.

Mayoritas wisatawan mengunjungi Flores untuk menikmati Taman Nasional Komodo. Tapi jangan terburu  pulang atau kembali ke kota asal usai Sailing Komodo. Masih banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi di daratan Flores.

Labuan Bajo merupakan pintu masuk dan pelabuhan utama di ujung barat Flores. Kawasan ini memiliki banyak penginapan dari kelas melati hingga budget hotel dan resor mewah bagi wisatawan yang ingin melepas lelah usai Sail Komodo.

Overland Flores, Tempat Wisata Terbaik NTT dan NTB | Breaktime
Wisatawan asing naik di atas bus tradisional dari Labuan Bajo

Kawasan Labuan Bajo juga terkenal dengan seafood-nya. Jangan lewatkan malam di Labuan Bajo tanpa menikmati seafood bakar khas Kampung Ujung. Lokasinya berada di Tempat Pelelangan Ikan, sekitar 150 meter jalan kaki dari dermaga utama Labuan Bajo.

Apabila masih punya sisa waktu satu hari di Labuan Bajo, wisatawan bisa mengunjungi air terjun Cunca Wulang dan Goa Batu Cermin. Selain itu, menikmati sunset dari atas bukit di sekitar pelabuhan merupakan hal yang tak boleh terlewatkan saat kaki belum beranjak dari Labuan Bajo.

Beranjak menuju timur, destinasi yang dituju adalah Desa Adat Waerebo. Perlu waktu kurang lebih lima sampai enam jam dari Labuan Bajo untuk menuju Dintor, tempat transit terakhir sebelum trekking selama empat jam menuju Waerebo.

Overland Flores, Tempat Wisata Terbaik NTT dan NTB | Breaktime
Suasana alami khas Waerebo di pegunungan Manggarai

Waerebo merupakan desa adat yang telah diakui oleh Unesco. Desa ini terletak di puncak pegunungan Manggarai dengan ciri khas bangunan setinggi kurang lebih 15 meter yang disebut Mbaru Niang. Waerebo merupakan penghasil kopi dan kain tenun, keduanya bisa kita bawa pulang sebagai suvenir.

Setelah menginap satu malam di Waerebo, perjalanan dilanjutkan menuju Bajawa. Di tengah perjalanan, wisatawan bakal disuguhi keindahan pemandangan Gunung Inerie. Gunung berbentuk piramid ini terletak di Kabupaten Ngada dan bisa dilihat dengan jelas dari Kampung Bena dan Aimere di Bajawa.

Overland Flores, Tempat Wisata Terbaik NTT dan NTB | Breaktime
Bermain dengan anak-anak Flores di desa adat Kabupaten Manggarai

Kampung Bena merupakan desa adat yang masih mempertahankan budaya megalitikum. Desa ini terletak di kawasan perbukitan Aimere, sekitar 19 kilometer dari Bajawa. Bentuk kampung menyerupai sebuah perahu besar, dengan bangunan bhaga dan ngadhu di bagian tengah. 

Usahakan mengunjungi Kampung Bena bersama seorang guide atau pemandu wisata karena mereka akan menjelaskan secara detail tentang desa adat ini. Seperti halnya pemandu di Waerebo, pemandu di Bena biasanya adalah warga lokal yang telah mengerti seluk beluk tradisi masyarakat setempat.

Dari Bajawa, perjalanan menuju Flores timur dilanjutkan menuju Ende. Butuh waktu kurang lebih enam sampai delapan jam dari Bajawa menuju Ende. Di tengah jalan, wisatawan biasanya berhenti untuk istirahat di Desa Cancar, Kabupaten Manggarai, di mana terdapat area persawahan yang unik karena berbentuk seperti jaring laba-laba bila dilihat dari ketinggian.

Overland Flores, Tempat Wisata Terbaik NTT dan NTB | Breaktime
Sawah Lingko yang unik karena berbentuk jaring laba-laba

Setelah menempuh perjalanan malam dari Manggarai, wisatawan akan tiba di Ende sekitar jam 3 dini hari dan bisa langsung menuju Moni, tempat transit terakhir sebelum pendakian ke Danau Kelimutu. Wisatawan umumnya mulai mendaki kelimutu sekitar jam 5 pagi, beberapa saat sebelum sunrise.

Danau Kelimutu merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunrise di Flores. Destinasi ini terkenal dengan keberadaan tiga danau di puncak gunung Kelimutu, di mana warna air di tiap danau bisa berubah-ubah sesuai sinar matahari dan mikroorganisme yang hidup di dalam danau.

Overland Flores, Tempat Wisata Terbaik NTT dan NTB | Breaktime
Wisatawan menikmati pagi yang masih berkabut di Danau Kelimutu

Usai dari Kelimutu, wisatawan bisa kembali ke Ende untuk istirahat sebelum mengambil penerbangan menuju Kupang atau Labuan Bajo dan lanjut ke Denpasar. Bila masih ada waktu untuk berlibur, terdapat beberapa destinasi wisata di sekitar Ende, seperti Desa Adat Wologai, Desa Adat Nggela, beberapa benteng peninggalan Portugis, dan museum Pancasila sebagai tempat pengasingan mendiang Bung Karno di Ende.

Tips

- Bawalah bekal secukupnya dan obat-obatan pribadi -terutama obat anti mabuk perjalanan- selama overland Flores yang menempuh jarak dan waktu cukup panjang.

- Usahakan selalu ditemani oleh guide lokal setiap berkunjung ke sebuah destinasi atau desa adat, mengingat masih dipegang teguhnya kepercayaan dan adat oleh masyarakat setempat.

- Bawalah jaket tebal, jas hujan, atau pakain ganti secukupnya saat menuju desa adat Waerebo yang lokasinya berada di puncak pegunungan berhawa dingin dan lembap.

- Transportasi umum sudah tersedia antar kota kabupaten di Flores, tapi agar perjalanan aman dan nyaman, sebaiknya sewa kendaraan dari Labuan Bajo secara berkelompok dengan sistem share cost untuk menghemat pengeluaran.

Share This Article