Eksotisme Di Balik Misteri Pulau King-Kong | Breaktime
Ninh Binh, Eksotisme Di Balik Misteri Pulau King-Kong
13.05.2017

B'timers penggemar film tentu sudah tak asing lagi dengan serial terbaru dari film King Kong yang rilis tahun 2017 ini berjudul "Kong: Skull Island".

Dalam film yang dibintangi oleh Tom Hiddleston dan Samuel L Jackson ini dikisahkan sejumlah peneliti berpetualang di pulau mistis di kawasan Samudera Pasifik. Lokasi syuting film ini banyak mengambil latar belakang di Vietnam.

Lokasi yang menjadi tempat pengambilan film Kong Skull Island ini adalah tempat wisata yang sebelumnya memang cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun internasional, yaitu Ninh Binh.

Ninh Binh berjarak sekitar tiga jam perjalanan darat dari ibu kota Vietnam, Hanoi. Destinasi utama di Ninh Binh tak lain adalah Trang An Scenic Landscape Complex, sebuah kawasan wisata alam dengan komplek pagoda di antara sungai dan perbukitan kapur (karst).

Eksotisme Di Balik Misteri Pulau King-Kong | Breaktime
Ninh Binh berjarak tiga jam perjalanan dari ibukota Vietnam, Hanoi

Sepintas, landscape destinasi ini mirip dengan Halong Bay, yaitu bukit-bukit kapur berjejer di garis horizon. Satu hal yang membedakan adalah bahwa Ninh Binh tidak berada di laut seperti halnya Halong Bay, tetapi di daerah aliran sungai dan persawahan yang telah terbentuk selama ribuan tahun.

Karena memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, kawasan inipun telah diakui UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Lokasi ini merupakan bekas ibu kota Vietnam kuno pada abad ke-10 dan 11. Di tempat ini pula masih ditemui sisa-sisa kuil dan bekas bangunan pada masa lampau.

Eksotisme Di Balik Misteri Pulau King-Kong | Breaktime
Keindahan alam Ninh Binh dipilih menjadi lokasi syuting film King-Kong

Proses alami ribuan tahun membuat Trang An kaya dengan peninggalan arkeologi dan alat-alat peninggalan manusia purba 30 ribu tahun lalu. Tentunya, kondisi ini sangat mendukung latar belakang film "Kong Skull Island" berupa pulau terpencil di pesisir Pasifik.

Di kawasan Trang An Scenic Landscape Complex ini terdapat ratusan pagoda bersejarah, candi, dan kuil-kuil yang berasal dari periode yang berbeda. Wisatawan tak hanya menikmati keindahan alam dengan naik perahu, tetapi juga mengunjungi Bai Dinh Temple.

Periode terbaik untuk mengunjungi NinhBinh adalah saat  musim panas, sekitar bulan April hingga Agustus. Hindari ke tempat ini saat musim dingin dan hujan karena bisa mengganggu kenyamanan saat beraktivitas outdoor.

So, apakah B’timers tertarik untuk merasakan keindahan dengan sensasi misterius seperti layaknya dalam film? Rasanya pulau ini memang cocok jadi destinasi pilihan tahun ini.



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE