Negara-Negara Asia Dengan Street Food Terbaik | Breaktime
Negara-Negara Asia Dengan Street Food Terbaik
15.01.2017

Wisata ke beberapa negara di dunia tak lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya. Salah satu yang paling asyik adalah jajanan street food. Nah, yang paling terkenal dengan street food-nya adalah Turki. Tetapi, jangan salah Asia ternyata juga jadi salah satu benua dengan street food paling asyik.

Saat Anda berkunjung ke negara-negara Asia, B’timers harus dan wajib coba masing-masing street food khasnya. Mulai camilan seperti gorengan sampai makanan berat bisa Anda temui, lho. Ajib, kan! Cara penyajiannya pun juga berbeda-beda dan unik. Ada yang dimasukkan dalam wadah plastik, ada yang dibungkus dengan daun, dan ada juga yang bisa dinikmati sambil jalan-jalan.

Street food paling asyik dinikmati saat malam hari. tetapi tidak sedikit pula pedagang yang buka saat siang dan sore hari. Beberapa stan street food bahkan juga bisa dijadikan tempat nongkrong bareng teman-teman.

Nah, daripada berlama-lama Breaktime telah merangkum kota-kota di Asia yang punya street food paling asyik dan nikmat.

Negara-Negara Asia Dengan Street Food Terbaik | Breaktime
Penang assam laksa khas Malaysia

Diawali dengan kota Penang di Malaysia. Kuliner di Penang ini sudah cukup mendunia, yaitu Penang asam laksa. Laksa tanpa santan disajikan dengan mie putih. Tak hanya itu, ada juga nasi kadar yang merupakan kuliner muslim India dengan citarasa kari.

Char kway teow juga sangat terkenal di Penang. Makanan sejenis kwetiau goreng ini disiram dengan saus kedelai. Setelah makan banyak, jangan lupa untuk menutup menu Anda dengan mencicipi es kacang manis dan legit.

Setelah Malaysia, mari kita lanjut perjalanan ke Taipei, Taiwan. Makanan pertama yang harus Anda coba adalah chou doufu atau juga disebut stinky tofu. Yup, sesuai dengan namanya, makanan ini memang memiliki bau tidak enak, tetapi rasanya sangat maha dahsyat enaknya.

Ada juga oa misua yang merupakan mie tipis yang banyak dijual di pasar malam. Atau cicipi niu rou mian yang merupakan sup dengan citarasa sederhana. 

Negara-Negara Asia Dengan Street Food Terbaik | Breaktime
Toppoki khas Korea Selatan

Bangkok, Thailand sudah bukan rahasia umum lagi kalau menjadi surganya street food di Asia. Tidak ada yang bisa melawan kuliner Bangkok yang maha dahsyat. Ada berbagai macam makanan yang terkenal antara lain som tam thai, pad thai, mango sticky rice, tom yum, dan masih banyak lagi.

Citarasa kuliner Thailang dengan bumbunya yang khas inilah yang menarik lidah para pelancong. Tak hanya itu, masakan Thailang selalu dicampur dengan aneka seafood yang nikmat banget.

Tempat kuliner street food yang paling populer di Thailang adalah pasar malam Chiang Mai. Pasar ini selalu buka pada malam sabtu dan minggu. Aneka street food dijual di sana. Dijamin perut Anda tidak akan mampu menampung berbagai makanan lezatnya.

Setelah Thailand, mari kita pergi ke lokasi yang lebih jauh yaitu Fukuoka, Jepang. Surganya street food di Jepang dengan harga terjangkau. B’timers bisa menikmati berbagai makanan lezat antara lain, mentaiko yang merupakan seafood mentah dan dimakan dengan bubuk cabai, miso ramen juga jadi favorit di Jepang, dan yakitori yaitu sate ayam dengan bumbu khas.

Negara-Negara Asia Dengan Street Food Terbaik | Breaktime
Martabak telor khas Indonesia

Korea Selatan juga jadi surganya street food. Ada banyak makanan yang tak boleh Anda lewatkan, yaitu gimbap, toppoki, gamja-dog, dan fish cake.

Terakhir, jangan lupakan Indonesia. Negeri ini tak hanya kaya dengan keindahan alamnya saja tetapi juga aneka kulinernya. Banyak sekali jajanan, bahkan masing-masing daerah memiliki jajanan khas yang unik dan bercitarasa tinggi.

Beberapa street food yang paling diburu oleh pecinta kuliner adalah nasi goreng, martabak, gorengan, bakso, lalapan, es doger, es campur, dan masih banyak lagi.

Tak heran jika Asia menjadi surganya kuliner, khususnya street food. Masing-masing negaranya punya kuliner dengan citarasa yang khas. Jangan lupa cicipi jika B’timers sedang liburan ke negara-negara tersebut, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE