Negara Dengan Cuti Terbanyak, Kalau Indonesia? | Breaktime
Negara Dengan Cuti Terbanyak, Kalau Indonesia?
30.01.2017

Siapa tidak suka dengan cuti atau hari libur kerja? Di antara B'timers bahkan mungkin sudah memberi tanda atau melingkari hari libur di kalender tahun ini untuk rencana liburan.

Cuti atau hari libur kerja merupakan hak setiap karyawan sesuai aturan dalam UU ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003 Pasal 79 ayat 2, karyawan di Indonesia akan mendapatkan waktu cuti selama 12 hari setahun.

Jumlah cuti karyawan di Indonesia ternyata jauh lebih sedikit dibandingkan negara-negara lain. Tapi ada juga negara yang lebih sedikit memberi jatah cuti pada warganya. Berikut ini daftar negara dengan jumlah cuti terbanyak dan terminim di dunia.

Cuti Terbanyak

1. Brasil, Finlandia, Perancis (30 Hari)

Para pekerja Brasil memiliki total 41 hari libur dalam setahun yang terdiri dari 30 hari cuti dan 11 hari libur nasional. Selain Brasil, negara lain yang juga memiliki waktu cuti selama sebulan adalah Finlandia dan Perancis.

2. Britania Raya (28 Hari)

Pekerja di negara-negara yang tergabung di Britania Raya (Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara) memiliki total cuti 28 hari. Jumlah ini belum termasuk 15 hari libur nasional pada 2017, meskipun libur nasional di tiap negara Britania Raya berbeda. Untuk cuti hamil, para orang tua baru di Inggris diberi waktu satu tahun untuk mengambil cuti secara bergantian.

Negara Dengan Cuti Terbanyak, Kalau Indonesia? | Breaktime
Malaysia merupakan negara dengan cuti tahunan paling sedikit di dunia

3. Swedia (25 Hari)

Swedia memberi waktu cuti yang cukup panjang yaitu 25 hari, termasuk 13 hari libur nasional, selisih lima hari dengan negara tetangganya di kawasan Skandinavia, Finlandia.

4. Jerman (24 Hari)

Para pekerja di Jerman memiliki waktu cuti 24 hari, termasuk 19 hari libur nasional di tahun 2017 ini. Jumlah tersebut merupakan hari libur nasional yang bisa dinikmati warga Jerman.

5. Spanyol (22 Hari)

Negara Matador memberi jatah 22 hari cuti untuk pekerja mereka. Tak hanya itu, Spanyol juga memiliki total 36 hari libur nasional dan regional.

Negara Dengan Cuti Terbanyak, Kalau Indonesia? | Breaktime
Taman Nasional Komodo, salah satu destinasi bahari di Indonesia

Cuti Paling Sedikit

1. China, Thailand (5 Hari)

China hanya memberi lima hari cuti pada para pekerjanya. Namun, negeri Tirai Bambu memiliki libur nasional yang cukup banyak, yaitu 24 hari. Sama dengan China, Thailand juga hanya memberi lima hari cuti, namun negeri Gajah Putih juga memiliki banyak hari libur nasional.

2. Malaysia, Singapura (7 Hari)

Dalam satu tahun, para pekerja di Malaysia hanya diberi waktu cuti selama 7 hari. Sementara untuk libur nasional, tahun ini Malaysia memiliki total 14 hari. Jumlah yang sama juga dimiliki sang negara tetangga, Singapura.

Negara Dengan Cuti Terbanyak, Kalau Indonesia? | Breaktime
Keragaman budaya Indonesia menjadi daya tarik wisatawan lokal dan asing

3. Amerika Serikat (10 Hari)

Tergolong sedikit memang untuk negara sekelas Amerika Serikat, namun sepuluh hari cuti tersebut belum termasuk hari libur nasional. Beberapa negara bagian juga memberlakukan hari libur nasional yang berbeda. Untuk cuti hamil, pemerintah AS memberi cuti hamil selama 84 hari tanpa gaji.

4. Indonesia (12 hari)

Indonesia ternyata masuk dalam lima besar negara pemberi cuti tahunan paling sedikit. Ada 12 hari cuti dalam setahun yang menjadi hak pekerja Indonesia yang umumnya sudah termasuk dalam cuti bersama dan hari libur nasional. Tak jarang waktu cuti karyawan di Indonesia sudah habis dengan cuti bersama atau libur nasional.

5. Filipina (18 hari)

Filipina memberikan 18 hari cuti bagi para pekerjanya. Dari 18 hari tersebut, empat diantaranya merupakan "Hari Tanpa Kerja" sementara 14 hari lainnya merupakan libur nasional yang kebanyakan digunakan untuk kegiatan keagamaan. (za)

Share This Article