Napak Tilas Rajasthan, Kota Di Perbatasan India | Breaktime
Napak Tilas Rajasthan, Kota Di Perbatasan India
02.04.2017

Daerah perbatasan punya ceritanya sendiri.B’timers bisa membayangkan, tinggal di kota yang bersebelahan langsung dengan kota lain. Bukan cuma soal mudah jalan-jalan ke kota tetangga, tapi juga bagaimana kebudayaan di sana lahir dari perpaduan beberapa budaya. Seperti dialek bahasa yang menjadi contoh paling umum dalam keseharian.Bicara soal area di perbatasan, itulah yang akan kita urai kali ini. Ialah Rajasthan, sebuah negara bagian yang berada di perbatasan India sebelah barat.

Pernah mendengar nama daerah ini atau mengunjunginya? Rajasthan adalah negara bagian yang berbatasan dengan provinsi Punjab di Pakistan, negara tetangga India.Di Rajasthan bagian timur terdapat Taman Nasional Keoladeo yang menjadi situs warisan budaya dunia, karena banyaknya varian burung yang hidup di sana. Selain itu, Rajasthan juga menjadi rumah dari dua tempat penangkaran harimau nasional, yaitu Taman Nasional Ranthambore di Sawai Madhopur dan Penangkaran Harimau Sariska di Alwar.

Baca juga : JELAJAH 5 KOTA KECIL DI INDIA YANG BERBUDAYA

Terlepas dari itu, Rajasthan juga memiliki budaya yang tak kalah menariknya.Populasi yang menempati Rajasthan disebut dengan Rajputs.Negara bagian ini juga dikenal dengan julukan “Tanah Rajputs” yang berarti “putra sang raja”. Diyakini bahwa warga Rajputs merupakan orang-orang keturunan Scythia yang merupakan ras percampuran Eropa dan Asia, dengan tempat asal Iran dan Caucasia di Eropa tengah.

Napak Tilas Rajasthan, Kota Di Perbatasan India | Breaktime
Kokohnya Benteng Cittorgarh di Rajasthan

Soal budaya, Rajasthan tak hanya kaya dengan budaya originalnya.Namun, budaya Rajasthan juga menjadi kekayaan dan kebanggaan India.Masyarakat Rajasthan sangat terkenal budayanya dan dipercaya usia kebudayaan di sana sudah mencapai 5.000 tahun! Hingga kini, budaya tersebut sudah berbaur dengan kebudayaan kontemporer dan modern.

Rajasthan juga dikenal dengan musik folk dan tariannya.Negara Bagian ini pun memproduksi banyak item dengan cerminan kultur dan seni original yang khas. Seperti di antaranya, furnitur kayu berukir dengan motif yang khas, sari Bandhej yang mewah dan ada yang berbordir, karpet hand made, kerajinan tembikar biru, hingga sepatu mojari dan jutiyang sangat unik dan artsy.

Baca juga : MENGUNGKAP SISI LAIN INDIA BIKIN NGANGA!

Rajasthan pun memiliki tradisi yang juga unik.Adat tradisi yang diikuti oleh masyarkat Rajasthan terkait dengan ritual dan upacara adat Weda.Tiga fase kehidupan manusia, yakni kelahiran, pernikahan dan kematian, semuanya memiliki ritual tersendiri dan menuruti adat Weda.Semua ritual terkait tiga peristiwa kehidupan tersebut, juga dikenal dengan sebutan Samskaras, dengan total kurang lebih ada 16 Samskaras.

Napak Tilas Rajasthan, Kota Di Perbatasan India | Breaktime
Semarak warga kota rayakan festival Gangaur

Wanita hamil akan dipasangkan jimat yang dilingkarkan di leher dan pinggangnya. Lalu, juga untuk mencegah roh halus jahat mengincarnya, wanita hamil tersebut dilarang berada dekat-dekat  dengan pohon tertentu, yang diyakini merupakan tempat tinggal para roh halus. Setelah mengetahui adat setempat untuk ritual wanita hamil tersebut, kini kita patut berbelok mengamati pakaian khas pria Rajasthan.

Baca juga : LIBURAN KE INDIA TAK SEMBARANGAN, INI TIPSNYA!

Style pakaian pria Rajasthan berbeda dan sangat klasik.Turban yang mereka kenakan disebut dengan Pagri yang dikenal dengan Jodhpuri Safa dan Jaipuriya.Lalu pakaiannya secara umum terbuat dari kain katun, dengan bentuk paling umumnya berupa kamariangarakha dengan tipe isa frock, dengan panjang mencapai pinggang.Para pria juga memakai Dhoti atau piyama.

Sementara, wanitanya memakai baju tradisional berupa rok panjang dengan model pinggang yang sempit.Rok ini dengan atasannya biasa disebut Ghaghara dan tersedia dalam banyak pilihan warna cerah. Jaipur, adalah ibukota negara bagian yang sangat terkenal akan perhiasannya.Ornamen perhiasan yang dikenakan para wanitanya, biasanya adalah emas atau silver bertabur berlian, zamrud atau ruby. Jadi teringat karakter di film-film India yang memorable saat mengenakan pakaian adatnya, ya? (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE