Napak Tilas Keunikan Tari Topeng Cirebon | Breaktime
Napak Tilas Keunikan Tari Topeng Cirebon
27.11.2016

Cirebon punya kesenian tradisional yang juga dimiliki oleh daerah lain. Lenggak-lenggok tari topeng memang memiliki beragam jenis. Salah satunya yang ada di kota Cirebon ini, B’timers. Apakah Anda sudah mengenal tari topeng khas Cirebon? Jika belum, cari tahu dari ulasan berikut ini, yuk!

Sejarah Tari Topeng Cirebon

Tak hanya dikenal sebagai tari tradisional khas Cirebon, tari topeng juga dikenal di beberapa daerah, antara lain Betawi, Bali, dan Malang. Jauh sebelum tari topeng ini dikenal di Cirebon, masyarakat Jawa Timurlah yang lebih dulu mengenalnya.

Pada masa penyebaran agama islam, tari topeng mulai dikenalkan oleh Sunan Gunung Jati yang juga digunakan sebagai media dakwah. Banyak sekali unsur seni yang terkandung dalam tarian ini. Properti utama yang digunakan adalah topeng, itulah mengapa tarian ini dinamakan tari topeng.

Napak Tilas Keunikan Tari Topeng Cirebon | Breaktime
Lenggak-lenggok tari topeng Cirebon

Jenis Tari Topeng Cirebon

Tari topeng Cirebon tentunya berbeda dengan tari topeng dari daerah lain. Yang memberdakan tari topeng Cirebon dengan daerah lain adalah menggunakan 5 jenis topeng yang berbeda. Masing-masing penari akan memerankan topeng yang mereka gunakan. Ini penjelasan lebih lanjut.

  1. Panji : maknanya tetap tertuju pada Allah.
  2. Samba : maknanya harus mengerjakan perintah Allah.
  3. Rumyang : maknanya memperbanyak dzikir dan mengingat Allah.
  4. Tumenggung : menggambarkan sifat budi pekerti antar sesama manusia.
  5. Kelana : maknanya berusaha mendapatkan kebahagiaan hidup di jalan yang benar.
Napak Tilas Keunikan Tari Topeng Cirebon | Breaktime
Tari topeng Cirebon menyimpan banyak makna

Kostum Tari Topeng Cirebon

Terdapat tiga bagian dalam kostum tari topeng, yaitu bagian atas, tengah, dan bawah. Bagian atas menggunakan topeng yang telah disebutkan, bagian tengah penari menggunakan baju kurung lengan pendek dengan warna yang mencolok dan juga menggunakan Mongkron atau penutup dada, sedangkan pada bagian bawah memakai celana sepertiga atau di bawah lutut.

Nah, itulah rincian dan ulasan tentang sejarah, jenis, dan kostum tari topeng khas Cirebon. Sekarang tinggal tugas kita untuk melestarikan kesenian-kesenian daerah di Indonesia. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE