Napak Tilas Gereja Blenduk Tertua Di Pulau Jawa | Breaktime
Napak Tilas Gereja Blenduk yang Tertua Di Pulau Jawa
13.11.2016

Kota Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak bangunan-bangunan tua bersejarah. Seperti yang paling terkenal adalah Lawang Sewu. Tidak hanya itu B’timers, ternyata di Semarang juga ada sebuah tempat peribadatan yang memiliki sejarah panjang.

Namanya Gereja Blenduk. Gereja ini juga menjadi gereja tertua di Jawa Tengah dan Pulau Jawa. Gereja ini menyimpan sejarah dan keunikan bangunan yang menarik setiap mata yang datang ke kota ini.

Sejarah berdirinya Gereja Blenduk

Gereja Blenduk yang dibangun pada masa kolonial Belanda sekitar tahun 1753 ini terletak di Jl. Letjend Suprapto 32, Semarang. Kawasan Letjend Suprapto dulunya bernama Heerenstraat. Menariknya dari gereja ini adalah desain arsitektur yang berkonsep seni Neo klasik.

Napak Tilas Gereja Blenduk Tertua Di Pulau Jawa | Breaktime
Kondisi dalam gereja yang serba asli!

Gereja ini memiliki orgel besar yang sudah tidak berfungsi lagi. Untuk urusan nama memang terdengar sangat unik dan asing untuk masyarakat luar Jawa. Blenduk sendiri berarti membulat dalam bahasa Jawa. Dinamakan blenduk karena kubah gereja ini berbentuk bulat, seperti konsep gereja-gereja tua Eropa.

Kubah tersebut dilapisis dengan tembaga dan terdapat sebuah salib Yunani. Gereja ini sempat juga mengalami renovasi pada tahun 1894 oleh W. Westman dan HPA de Wilde. Renovasi dilakukan dengan menambah dua menara.

Desain unik Gereja Blenduk

Seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya bahwa gereja ini memiliki konsep Eropa klasik yang sangat kental dan terjaga hingga saat ini. Mulai dari pintu, kursi-kursi di ruang kebaktian, lampu, dan ubin yang digunakan masih sangat klasik.

Semua interior yang digunakan di gereja ini masih asli dari sejak awal berdirinya gereja ini. Keren! Satu lagi yang menarik yang ada dalam gereja ini adalah orgel khas jaman Barok dengan detail yang menakjubkan. Namun, orgel tersebut tidak bisa berfungsi lagi karena tidak ada alat yang bisa untuk memperbaiki orgel ini.

Napak Tilas Gereja Blenduk Tertua Di Pulau Jawa | Breaktime
Orgel cantik khas jaman Barok yang tak berfungsi lagi

Alat yang digunakan untuk memperbaiki bahkan sudah tidak diproduksi lagi. Meskipun ada orang yang mampu memperbaiki orgel ini pasti biayanya sangat fantastis. Tangga yang digunakan sebagai jalan naik menuju orgel saja terbuat dari besi tempa dari perusahaan Pletterij di Den Haag, Belanda.

Sungguh luar biasa gereja ini. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi Anda juga bisa berwisata dan belajar sejarah ke tempat ibadah umat nasrani di Semarang ini, B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE