Misteri Tersembunyi Tempat Wisata Di Puncak | Breaktime
Misteri Tersembunyi Tempat Wisata Di Puncak
09.08.2017

Berlibur menjadi kebutuhan setiap orang yang bekerja. Yap, karena dengan berlibur bisa me-refresh pikiran yang suntuk setelah lima hari bekerja. Nah, sebagian besar warga ibukota akan kabur ke Puncak untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan mereka. Ada banyak tempat wisata di Puncak yang menawarkan keindahan alam dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk Jakarta.

Meski memiliki banyak wisata alam, tak jarang beberapa tempat memiliki cerita atau legenda yang berkembang di kalangan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Telaga Warna dan Curug 7. Telaga Warna berada di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua merupakan sebuah danau yang ternyata menyimpan kisah di balik keindahannya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Alasan Belanda Jadi Negeri Idaman Di Dunia!

Kisah tersebut merupakan sejarah atau asal usul Telaga Warna yang sempat luput. Telaga Warna adalah patilasan dari Kerajaan Kutatanggeuhan. Sebuah kerajaan yang berpusat di lereng Gunung Lemo, Komplek Gunung Megamendung. Kerajaan tersebut dipimpin oleh Prabu Suarnalaya dan permaisurinya, Purbamanah. Pasangan ini menikah sudah lama namun belum dikaruniai seorang anak.

Sampai akhirnya sang Prabu memutuskan untuk bertapa. Ia mendapat wangsit untuk mengangkat seorang anak hingga sang istri hamil. Singkat cerita, puterinya lahir. Saat puterinya dewasa, sang Prabu memberikan kado ulang tahun berupa kalung. Sang puteri menangis sejadi-jadinya hingga menenggelamkan kerajaan dan membentuk sebuh telaga.

Belum cukup sampai di situ, hal mistis pun terjadi. Telaga tersebut secara misterius airnya selalu berubah warna. Itulah mengapa disebut dengan Telaga Warna. Bahkan anehnya lagi, dalam telaga tersebut terdapat dua ikan besar yang menjadi misteri. Kedua ikan ini sulit dibedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Konon katanya, dua ikan ini juga suka berpindah tempat. Kadang berada di sumber mata air Sarongge Cianjur dan kadang juga ada di sumber air Ciburial.

Misteri Tersembunyi Tempat Wisata Di Puncak | Breaktime
Telaga Warna, tempat wisata di Puncak penuh cerita (flickr.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terbaru, Terkuaknya Misteri Pulau Rapa Nui!

Tempat wisata di Puncak selanjutnya yang punya legenda adalah Curug 7. Mungkin Anda asing dengan namanya, ini adalah sebutan lain untuk Air Terjun Cilember. Keindahan alam dan keasriannya tak diragukan lagi. Satu hal yang unik adalah semakin kecil angkanya, maka posisi air terjunnya semakin tinggi dan jalurnya makin rumit.

Saat B’timers menuju Curug 7 sangat mudah. Namun, beda lagi untuk sampai ke Curug 5, Anda harus melewati tanjakan bebatuan. Apalagi jika Anda menuju Curug 3, Curug 2, dan Curug 1. Lokasi Air Terjun Cilember ini berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua.

Curug Tujuh Cilember ini juga punya mitos dan cerita yang berekembang di masyarakatnya. Nama curugnya pun memiliki makan. Ci atau cai bermakna air, sedangkan Lember berarti jamur. Memang di kawasan air terjun ini banyak ditumbuhi jamur.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Grojogan Sewu Jadi Saksi Kisah Mahabarata

Sedangkan untuk mitos yang berkembang di masyarakat adalah kepercayaan bahwa Curug Cilember ini merupakan lokasi pemandian para putri dari Kerajaan Siliwangi. Jadi banyak yang percaya jika mandi di curug ini bakalan awet mudah. Bagaimana, tuh menurut Anda?

Bahkan ada kebiasaan masyarakat mandi di tengah malam terutama pada malam Jumat Kliwon. Apalagi ketika bulan Muharram dan Maulid, akan banyak orang yang berkunjung ke sana. Umumnya mereka datang untuk mendapat berkah, menambah kekuatan, hingga mendapat jodoh. Curug tujuh sendiri terbagi menjadi dua posisi, kanan dan kiri. Kanan dipercaya mendapatkan kekuatan, sedangkan kiri untuk awet muda dan mendapat keberkahan.

Dua tempat wisata di Puncak tersebut meski memiliki kisah-kisah legenda yang tersebar di masyarakat, tetap saja masih memiliki pesona untuk wisatawan datang kembali. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE