Menikmati Sumba dari Tarimbang Paradise Resort | Breaktime
Menikmati Sumba dari Tarimbang Paradise Resort
01.03.2016

Pulau Sumba dianugerahi pantai-pantai yang masih relatif sepi, bersih, dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Itulah kenapa saya selalu suka untuk datang kembali ke pulau di wilayah Nusa Tenggara Timur ini.

Satu dari banyak destinasi favorit saya di Sumba adalah Pantai Tarimbang. Lokasi pantai ini cukup jauh dari Waingapu, ibu kota kabupaten Sumba Timur sekaligus kota paling ramai dan modern di Sumba.

Perjalanan menuju Tarimbang melewati daerah pegunungan, jalan berkelak-kelok naik turun bukit, dan ruas jalan yang masih berupa tanah berbatu sejauh kurang lebih lima kilometer. Di tengah perjalanan, B'timers bisa singgah di dua bukit dengan pemandangan indah khas tanah Sumba, yaitu Bukit Wairinding dan Bukit Lailara.

Menikmati Sumba dari Tarimbang Paradise Resort | Breaktime
Pemandangan Pantai Tarimbang di Sumba Timur dari atas bukit

Meski lokasi Tarimbang cukup terpencil, pantai ini sudah terkenal di kalangan surfer asing karena ombak yang cukup besar dan sangat cocok untuk bermain surfing.

Sejumlah homestay terdapat di desa nelayan Pantai Tarimbang. Para surfer ini biasanya tinggal di homestay atau rumah penduduk dengan durasi yang cukup lama, sekitar dua minggu sampai satu bulan.

Bagi non surfer, termasuk saya, Pantai Tarimbang tetap menyajikan pemandangan yang cantik berupa garis pantai memanjang dari utara ke selatan, pasir putih yang halus, dan muara sungai dengan aliran air payau yang sangat segar untuk mandi.

Menikmati Sumba dari Tarimbang Paradise Resort | Breaktime
Suasana pagi di Tarimbang Paradise Resort Sumba Timur

Menikmati keindahan Pantai Tarimbang juga bisa dilakukan dari kejauhan, alias dari atas bukit. Untuk bermalam di kawasan ini, wisatawan bisa menginap di sebuah resort yang terdapat di bukit, yaitu Tarimbang Paradise Resort.

Dengan tarif per malam mulai dari Rp 350 ribu per orang, Tarimbang Paradise Resort menawarkan suasana alam perbukitan khas Sumba yang tenang, aman, dan nyaman. Enam cottage yang tertata rapi memberi view perbukitan dan pantai yang indah, terutama pada sore atau sunset.

Pelayanan yang ramah dari sang owner, menu dinner yang istimewa (ikan bakar atau ayam panggang), serta suasana keakraban dengan api unggun pada malam hari menambah hangat suasana di lokasi terpencil Pulau Sumba ini.

Menikmati Sumba dari Tarimbang Paradise Resort | Breaktime
Sumba Paradise Resort dengan fasilitas kolam renang di atas bukit

Tidak ada sinyal handphone di lokasi ini, sementara listrik hanya ada pada sore hingga jam 10 malam, itu pun berasal dari genset. Kondisi ini justru membuat suasana antara traveler makin hangat dan akrab.

Pantai Tarimbang sangat cocok bagi B'timers yang mendambakan suasana sepi, alami, jauh dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari di perkotaan.

Menuju Tarimbang

Untuk menuju lokasi Pantai Tarimbang, wisatawan bisa sewa motor atau mobil dari Waingapu dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih selama lima jam. B'timers bisa juga naik kendaraan umum (minibus) dari Waingapu menuju arah Waikabubak atau Tambolaka, lalu dilanjutkan dengan ojek menuju Tarimbang.

Waingapu bisa ditempuh dengan penerbangan langsung tiap hari dari Denpasar dan Kupang. Selain pesawat ATR (Wings Air dan Garuda Indonesia), juga terdapat pesawat Boeing berbadan pendek milik NAM Air di Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu. (ZA)

Share This Article