Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut
18.09.2015

Thailand Selatan merupakan negara dengan banyak destinasi wisata. Berwisata ke Thailand memang kurang lengkap tanpa mengunjungi sejumlah tempat di kawasan Selatan seperti Phuket, Krabi, atau Hat Yai.

Pertama kali traveling ke Thailand Selatan, lokasi yang saya pilih adalah Phuket. Destinasi ini merupakan favorit wisatawan dari penjuru dunia, tak terkecuali dari Asia Tenggara dan Indonesia. Keindahan pulau-pulau, pantai, dan kehidupan malam di Phuket menjadi daya tarik wisatawan ke tempat ini.

Perjalanan ke Phuket bisa ditempuh langsung dari Indonesia, meski penerbangan direct dari Jakarta tidak tersedia setiap hari. Sebagai alternatif, kita bisa transit di Singapura, Kuala Lumpur, atau Bangkok sebelum lanjut ke Phuket.

Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Wat Chalong, kuil Buddha terbesar di Phuket

Dari Bangkok ke Phuket ada tiga alternatif moda transportasi, yaitu bis malam, kereta api, dan pesawat terbang. Perjalanan darat ditempuh dalam waktu kurang lebih 12 jam. Bila tidak ingin banyak waktu terbuang, bisa dengan naik pesawat dari Bangkok (bandara Don Mueang atau Suvarnabhumi) menuju Phuket International Airport. Pada periode low season, tiket maskapai budget dari Bangkok ke Phuket berkisar antara Rp 400 - 600 ribu.

Tips bagi yang pertama kali ke Phuket, hotel budget dan beberapa penginapan dengan harga terjangkau bisa kita dapatkan di sekitar Patong Beach. Menginap di kawasan ini juga dekat dengan pusat kuliner, night market, dan tentu saja Pantai Patong yang terkenal sebagai salah satu spot sunset terbaik di Phuket.

Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Pemandangan teluk dan pantai di Phuket dari Karon View Point

Durasi waktu yang ideal untuk menikmati Phuket adalah tiga hari dua malam. Dengan durasi tersebut, kita sudah bisa mengunjungi berbagai tourist attraction di sekitar Phuket dan pulau-pulau di Phi-phi Island. Untuk menghemat waktu, hari pertama setelah tiba di Phuket, saya langsung mengambil half day tour Phuket.

Sejumlah lokasi yang dikunjungi adalah Phuket Old Town dengan bangunan klasiknya yang terkenal di Soi Romanee. Kemudian menuju kuil terbesar di Phuket, Wat Chalong, yang berlanjut ke Big Buddha Phuket. Bila masih ada waktu, usahakan untuk menuju Promthep Cape, sebuah view point dengan pemandangan sunset di Laut Andaman.

Phuket sendiri dikenal memiliki banyak view point, beberapa di antaranya selalu ramai dengan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan teluk dan pantai dari ketinggian. Sepuluh view point yang terkenal di Phuket adalah Karon Beach, Radar Hill, Promthep Cape, Big Buddha, Windmill Viewpoint, Yai Nui Beach, Khao Rang Hill, Khao Kad, Kata Noi, dan Karon Beach Viewpoint.

Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Suasana siang di Patong Beach Phuket

Pada malam hari, denyut kehidupan mulai berdetak di Phuket, terutama di kawasan Bangla Road dan Patong Beach. Sederet restoran, kafe, dan bar seolah mengajak wisatawan untuk larut dalam kehidupan malam Phuket. Sejumlah atraksi unik kadang juga ditampilkan oleh seniman jalanan. Bagi penggemar Thai Boxing, bisa menyaksikan langsung pertandingannya di Phuket Boxing Stadium yang lokasinya tak jauh dari Patong.

Hari ke dua di Phuket, saya mengambil paket one day tour Phi-phi Island. Paket ini bisa kita dapatkan di berbagai agen tour atau di hotel tempat kita menginap. Harga paket per orang antara 1200 - 1500 THB atau sekitar Rp 500 ribu. Paket ini akan membawa kita ke tujuh destinasi di sekitar Phi-phi Island, lengkap dengan fasilitas antar jemput dari hotel ke pelabuhan, sewa motorboat, makan siang, dan peralatan snorkeling.

Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Wisatawan berenang dan menikmati sunset di Patong Beach Phuket

Setelah mendapat arahan dari local guide, kami menuju Monkey Island, dimana terdapat banyak monyet yang bermain-main dan berenang di sekitar pantai. Kemudian berlanjut snorkeling di sekitar Maya Bay, mengunjungi Loh Samah Bay, dan makan siang di Ton Sai Bay Island.

Setelah puas makan siang dan menikmati suasana pantai Ton Sai Bay, wisatawan masih diajak berkeliling menuju Viking Cave dan Loh Samah yang menjadi lokasi syuting film The Beach, serta yang terakhir island hopping atau snorkeling di Khai Island, pulau kecil yang sepintas mengingatkan kita dengan Gili Trawangan di Lombok.

Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Snorkeling di sekitar Maya Bay, Phi-Phi Island

Setelah seharian penuh island hopping di sekitar Phi-phi Island, malam terakhir di Phuket bisa dimanfaatkan untuk rileks, sekedar jalan-jalan santai ke Phuket Night Market, menikmati kuliner seafood khas daerah ini atau beli suvenir.

Menikmati Phuket, Dari Puncak Bukit Sampai Pulau dan Dasar Laut | Breaktime
Landscape laut dan bukit kapur khas Phi-Phi Island

Dari Phuket, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Krabi, Hatyai, atau lebih jauh ke selatan menuju Malaysia. Terdapat bus eksekutif bagi traveler yang suka menggunakan transportasi darat. Bila menggunakan pesawat, terdapat bus kota dari Patong ke Phuket Town dan shuttle bus dari Phuket Town menuju Phuket International Airport.

Tips:

 - Waktu terbaik mengunjungi Phuket adalah pada awal musim panas, tepatnya pada bulan April, dimana dirayakan Festival Songkran yang berpusat di Patong Beach.

- Bawalah sunblock dan sunglasses saat island hopping Phi-phi Island karena cuaca di sekitar kawasan ini sangat panas dan terik. Jangan lupa bawa air mineral untuk menjaga tubuh tidak dehidrasi.

- Phuket bisa ditempuh dengan jalur darat dan udara dari Bangkok. Bandingkan harga tiket pesawat, bus, dan kereta api terlebih dulu karena pada periode peak season harga angkutan darat bisa lebih mahal dari udara.

Share This Article