Menikmati Mekarnya Sakura Dengan Cara Ini! | Breaktime
Menikmati Mekarnya Sakura Dengan Cara Ini!
30.10.2017

"Saat musim sakura, surga terasa begitu dekat," kata Daisuke, rekan saya asal Hiroshima yang sama-sama menginap hostel backpacker di Osaka. Cherry Blossoms atau musim sakura adalah waktu terbaik dan periode spesial untuk liburan di Jepang yang memang identik dengan bunga yang mekar pada musim semi ini.

Saat musim sakura tiba, warga lokal dan wisatawan asing berkumpul di taman-taman kota, kolam, kuil, dan tempat lain sambil membawa makanan dan minuman. Tradisi ini disebut Hanami. Meskipun musim semi di Jepang masih lama, tak ada salahnya B'timers merencanakan liburan ke Negeri Sakura mulai sekarang, setidaknya sebelum musim gugur mencapai puncaknya atau di bulan Oktober dan November.

Menikmati Mekarnya Sakura Dengan Cara Ini! | Breaktime
Warga lokal di Osaka menikmati musim Sakura dengan berkumpul di taman
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Terkuaknya Konspirasi Sejarah Sumpah Pemuda

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk merencanakan liburan musim sakura di Jepang adalah melihat "ramalan sakura", yaitu prediksi kapan bunga sakura mekar di tiap-tiap area di Jepang. Salah satu sumber terpercaya untuk mendapatkan prediksi mekanya sakura adalah di situs resmi pariwisata Jepang.

Normalnya, bunga sakura akan mekar mulai pertengahan Maret hingga awal Mei. Namun periode mekar bunga Sakura di tiap wilayah di Jepang berbeda-beda, terutama di kawasan utara dan selatan Jepang. Prediksi mekar bunga sakura pun sama seperti prediksi cuaca, belum tentu seratus persen tepat.

Hal kedua yang tak kalah penting adalah melakukan booking sejak jauh hari, terutama tiket pesawat dan hotel. Musim sakura adalah periode peak season-nya Jepang sehingga banyak hotel penuh dan tiket pesawat cukup tinggi. Lakukan booking jauh hari agar mendapatkan harga yang sesuai budget.

Menikmati Mekarnya Sakura Dengan Cara Ini! | Breaktime
Wisatawan dan warga lokal berbaur untuk merayakan Hanami di Tokyo
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Singgah di Talad Neon, Night Market Paling Seru

Apabila harga tiket pesawat menuju Tokyo cukup mahal, kamu bisa mengatasinya dengan mengambil penerbangan ke kota-kota lain yang lebih "kecil", seperti Nagoya dan Osaka. Apabila tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta, kamu bisa transit di kota-kota lain di negara bebas visa, seperti Singapura, Bangkok, dan Hong Kong.

Travel slow alias tinggal lebih lama tanpa itinerary yang mengikat selama musim sakura di Jepang akan membuat pengalaman yang lebih berkesan. Tak hanya bisa menikmati sakura hingga sore dan malam, kamu juga bisa mengeksplore tempat-tempat lain di Jepang seperti Kawaguchiko, Takayama, dan lainnya.

Menikmati Mekarnya Sakura Dengan Cara Ini! | Breaktime
Selain berkumpul dengan teman dan kerabat, warga Kyoto juga pergi ke kuil untuk berdoa

Untuk bisa lebih maksimal menikmati bunga sakura mekar dengan suasana khas Jepang memang kita harus menuju tempat-tempat yang lebih sepi, bukan di kota besar. Apabila beruntung, kamu juga bisa menyaksikan festival musim semi yang unik dan berkesan.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menjelajah Tanah Batak Nan Eksotis Dan Damai

Terakhir, nikmati saja suasana mekarnya bunga sakura layaknya warga Jepang. Travel like locals. Warga Jepang yang saya temui saat Hanami selalu menyapa dengan ramah, bahkan menawarkan perbekalan yang mereka bawa, seperti kue, roti, hingga sake atau minuman wine khas Jepang.

Sudah siap berlibur ke Jepang saat musim sakura? Segera booking tiket pesawat dan hotelnya dari sekarang. Selamat berlibur!



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE