Menikmati 5 Kuliner Lokal Khas Vietnam di Hanoi | Breaktime
Menikmati 5 Kuliner Lokal Khas Vietnam di Hanoi
29.05.2016

Hanoi dikenal memiliki sentuhan kuliner street food yang menjadi daya tarik wisatawan asing. Tak hanya di kalangan backpacker, tapi juga sekelas Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Presiden Obama singgah dua hari di Hanoi dalam rangka kunjungan kenegaraan pada pekan terakhir bulan Mei 2016. Sebelum bertolak ke Ho Chi Minh City (Saigon) Obama menyempatkan diri menikmati suasana malam di Old Quarter.

Dalam kesempatan tersebut, Obama menikmati makan malam bersama Anthony Bourdain, chef ternama asal Amerika sekaligus pakar kuliner makanan-makanan tradisional seluruh dunia, termasuk Vietnam.

Menikmati 5 Kuliner Lokal Khas Vietnam di Hanoi | Breaktime
Barack Obama saat makan malam di warung pinggir jalan di Hanoi

Dari foto yang diunggah Anthony di media sosial, tampak Obama memesan menu Spring Roll Rice Noodle, Bun Cha, dan sebotol Hanoi Beer. Untuk harga normal di Hanoi, total harga dari ketiga menu tersebut tidak lebih dari 60.000 VND atau sekitar RP 35.000. Sebuah makan malam yang sangat murah untuk sekelas Presiden Amerika Serikat.

Hanoi memang terkenal dengan kuliner yang lezat dan murah. Berikut beberapa maca streetfood yang layak dicoba saat B'timers traveling ke Hanoi.

Bun Cha

Ini adalah menu utama pada foto Presiden Obama di Hanoi yang viral. Bun Cha terdiri dari mie beras putih (semacam bihun), sup kuah daging babi bakar, bumbu kecap ikan, sambal, dan sayuran. Biasanya disajikan bersama dengan Bang Da Nem atau Spring Roll Rice Noodle. Harga satu porsi Bun Cha bisanya VND 30.000 atau sekitar RP 15.000.

Menikmati 5 Kuliner Lokal Khas Vietnam di Hanoi | Breaktime
Bun Cha, menu yang dipesan oleh Barack Obama di warung Old Quarter Hanoi

Pho

Pho merupakan menu paling terkenal di Vietnam, khususnya Hanoi. Satu porsi Pho terdiri dari mie beras putih yang tebal dan pipih, kuah kaldu sapi/ayam, irisan daging, serta bumbu dan sayur-sayuran khas Vietnam. Pho biasanya juga dimakan dengan tambahan semacam roti cakue. Harga satu porsi Pho sekitar VND 30.000 atau sekitar RP 15.000.

Bun Rieu

Bagi penggemar seafood, Bun Rieu adalah pilihan paling tepat saat berburu kuliner streetfood di Vietnam. Menu ini hampir sama dengan Pho, namun dengan bihun yang lebih tipis, kuah sayur berwarna kemerahan, dan ekstrak daging kepiting. CNN pernah melakukan review makan terlezat di Asia dan Bun Rieu adalah salah satunya. Harga satu porsi Bun Cha sekitar VND 40.000 atau sekitar RP 20.000.

Menikmati 5 Kuliner Lokal Khas Vietnam di Hanoi | Breaktime
Bun Rieu, kuliner lezat lain yang jadi ciri khas Vietnam

Banh Mi

Banh Mi merupakan kuliner warisan budaya Perancis yang pernah menjajah wilayah Vietnam. Banh Mi mirip seperti burger dan kebab, tetapi dengan roti berbentuk lonjong memanjang. Pada bagian tengahnya berisi sayuran, daging, telur, dan saus pedas. Harga Banh Mi bervariasi, tapi umumnya sekitar VND 20.000 atau sekitar RP 10.000 per porsi.

Ca Phe Trung

Bagi penggemar kopi, kurang lengkap ke Vietnam kalau belum mencoba Ca Phe Trung. Kopi Vietnam panas dengan topping kuning telur, susu kental, gula, mentega, dan keju. Kenikmatan topping Ca Phe Trung seperti meleleh di bibir saat dinikmati. Harga Ca Phe Trung tiap cafe bervariasi, tapi biasanya sekitar VND 20.000 atau sekitar RP 10.000. (ZA)

Share This Article