Mengulik Sejarah Lubang Buaya & Tugu Pahlawan | Breaktime
Mengulik Sejarah Lubang Buaya & Tugu Pahlawan
10.11.2016

Di hari Pahlawan ini adalah saat yang tepat untuk menelisik sejarah tempat-tempat perjuangan pahlawan Indonesia. Beberapa tempat yang memiliki sejarah panjang dan tragis adalah lubang buaya dan tugu pahlawan. Nah, berikut ini jejak sejarah dari dua tempat yang fenomenal tersebut B’timers.

Telisik sejarah Lubang Buaya

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Lubang Buaya? Yup, pembantaian yang dilakukan PKI pada tujuh jenderal, antara lain Jenderal Ahmad Yani, Letnan Jenderal Suprapto, Letnan Jenderal Haryono, Letnan Jenderal Siswondo Parman, Mayor Jenderal Pandjaitan, Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo, dan Kapten Pierre Tendean. Tepatnya pada tanggal 30 September 1965 terjadi gerakan sparatis dari salah satu partai politik, Partai Komunis Indonesia (PKI). Gerakan ini dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Saat itu banyak anggota PKI menculik, menyiksa, dan membunuh tujuh jenderal. Setelah membunuh jenderal-jenderal tersebut dan dibuang ke sebuah sumur warga sedalam 12 meter dan lebar 75 cm yang terletak di kawasan pondok gede.

Mengulik Sejarah Lubang Buaya & Tugu Pahlawan | Breaktime
Diorama penculikan PKI terhadap jenderal dan letnan

Pada saat terjadinya G30S, Lubang Buaya menjadi tempat latihan milik PKI. Lubang Buaya yang merupakan sebuah wilayah di Jakarta ini, terdengar sangat unik. Memang nama Lubang Buaya diambil dari legenda masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa ada sebuah sungai yang terdapat banyak buaya putih.

Saat ini, di bekas tempat pembuangan mayat tujuh jenderal tersebut, dibangun Museum Lubang Buaya. Museum ini berisi monumen Pancasila, sebuah museum diorama, lubang sumur, dan ruangan yang berisi relik.

Telisik sejarah Tugu Pahlawan

Satu lagi tempat mengenang jasa para pahlawan adalah Tugu Pahlawan. Sebuah tugu yang terletak di Jl. Pahlawan, Surabaya. Tugu ini memiliki tinggi 41,15 meter. Menariknya adalah tugu ini memiliki makna yang tidak banyak orang ketahui.

Tubuh monumen yang berbentuk lengkungan ini memiliki 10 lengkungan dan 11 ruas. Tinggi, ruas, dan lengkungan pada tugu pahlawan ini mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Ada apa dengan tanggal tersebut? 

Mengulik Sejarah Lubang Buaya & Tugu Pahlawan | Breaktime
Berdiri kokoh Tugu Pahlawan sebagai simbol perjuangan

10 November 1945 silam, telah terjadi pertempuran dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan sekutu bersama dengan Belanda yang akan kembali ke Indonesia. Nah, tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran tersebut.

Nah, itulah B’timers sedikit jejak sejarah tentang dua tempat yang fenomenal pada masa itu. Lubang Buaya akan terus menjadi saksi bisu tragedi G30S/PKI dan Tugu Pahlawan akan selalu menjadi simbol pertempuran pemuda Surabaya melawa penjajah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE