Cerita Rakyat dan Legenda Parigi 7 Tumatenden | Breaktime
Mengulik Cerita Rakyat dan Legenda Parigi 7 Tumatenden
13.07.2016

Pernah mendengar Legenda Tumatenden, B’timers? Cerita rakyat ini disebut sebagai putri khayangan yang pada akhirnya menjadi milik orang Minahasa. Legenda yang berkembang di seluruh Minahasa, lho. Wah, seperti apa, nih, cerita di balik legenda Parigi 7 Tumatenden? Simak di bawah ini, yuk, B’timers!

Legenda Parigi 7 Tumatenden

Di puncak Lembah Tuminting, terdapat dua lokasi mata air yang masing-masing memiliki tujuh sumber mata air yang keluar dari celah batu besar, B’timers. Air tersebut sangat jernih dan diceritakan tidak pernah kering meskipun sedang dilanda kemarau panjang. Berdasarkan cerita yang berkembang, mata air ini merupakan pemandian tujuh orang putri dari khayangan. Salah satunya Putri Tumatenden.

Jarak antara mata air satu dengan lainnya memang tidak terlalu jauh. Dan dari kepercayaan masyarakat lokal, ini karena masing-masing putri khayangan selalu bersenda gurau saat mandi di bawah sinar bulan purnama, B’timers. Hingga saat ini, tujuh sumur terbuka untuk umum. Jadi jika Anda berlibur ke Manado bisa mengunjunginya setiap saat, B’timers.

Cerita Rakyat dan Legenda Parigi 7 Tumatenden | Breaktime
Mata air ini merupakan lokasi mandi putri khayangan

Menuju Parigi 7 Tumatenden

Tak perlu bingung jika ingin berkunjung ke sumber mata air milik putri khayangan ini. Karena lokasi ini cukup mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum, B’timers. Tak hanya itu, hanya dibutuhkan waktu tempuh selama 30 menit dari pusat kota, lho. Menjadi satu obyek wisata peninggalan purbakala resmi, Anda bisa menjelajahi situs untuk mengenal lebih dekat legenda Tumatenden.

Cerita Rakyat dan Legenda Parigi 7 Tumatenden | Breaktime
Batu di atas kuburan memiliki cerita tersendiri

Cerita lain kehidupan setelah kematian

Ada cerita lain yang lekat dengan budaya Minahasa kuno di sini, B’timers. Adalah Waruga yang erat kaitannya dengan kehidupan setelah kematian. Dikatakan bahwa leluhur dapat mengetahui kapan hidup mereka akan berakhir. Jadi mereka akan melakukan perjalanan untuk menuju lokasi di mana tubuhnya akan disemayamkan, B’timers.

Wow, uniknya cerita legenda yang berkembang di Indonesia, ya, B’tiemrs? (NO)

Share This Article