Ngulas Sedikit Sejarah Tari Gandrung Asal Lombok | Breaktime
Mengulas Sedikit Sejarah Tari Gandrung Asal Lombok
29.08.2016

Tak hanya ada di Jawa dan Bali. Wilayah Indonesia Timur juga memiliki tarian tradisional penuh dengan sejarah, yaitu Tari Gandrung, lho, B’timers. Ya, Nusa Tenggara Barat, tepatnya Lombok, punya kesenian yang cukup terkenal, yang juga bernama Tari Gandrung. Dilakukan secara berpasangan, Tari Gandrung sebenarnya tak jauh berbeda dengan yang ada di Jawa maupun Bali. Dan ini keunikannya, B’timers!

Ngulas Sedikit Sejarah Tari Gandrung Asal Lombok | Breaktime
Penari akan mengajak penonton untuk menari berpasangan

Sedikit sejarah Tari Gandrung asal Lombok

Jika mengintip sejarah yang ada, Tari Gandrung Lombok sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, lho, B’timers. Saat itu, Indonesia bagian timur juga tak terlewati dari ekspedisi yang dilakukan oleh kerajaan besar yang ada di Indonesia ini. Pada awalnya tarian ini hanya digunakan untuk menghibur para prajurit setelah mereka kembali dari medan perang. Dan sebagai pengiringnya, adalah gamelan.

Begitu musik pengiring sudah dimainkan, penari wanita akan menari dan tak lupa mengajak satu persatu pada prajurit untuk menari secara berpasangan. Tradisi yang terus dilakukan tersebut akhirnya dikenal sebagai Tari Gandrung. Namun bagi Suku Sasak, ini adalah Tari Jangger, B’timers. Dan gerakan tarian ini adalah bentuk dari improvisasi, meskipun ada beberapa gerakan khas Tari Gandrung juga.

Ngulas Sedikit Sejarah Tari Gandrung Asal Lombok | Breaktime
Gamelan pengiring Tari Gandrung

Cerita dan fungsi Tari Gandrung pada masanya

Meski awalnya Tari Gandrung adalah bentuk hiburan untuk para prajurit, seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini kemudian menjadi salah satu tradisi bagi masyarakat setempat, B’timers. Selain bentuk hiburan, Tari Gandrung juga menyimpan nilai historis yang tinggi, lho. Dalam 3 babak dari Tari Gandrung, para penari akan menampilkan berbagai gerakan, mulai dari yang gemulai, hingga penuh semangat.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui jika Tari Gandrung alias Tari Jangger ini tidak hanya ada di Jawa dan Bali saja, kan, B’timers? (NO)

Share This Article