Ketahui Tari Tradisional Polopalo dari Gorontalo | Breaktime
Mengenal Tari Tradisional Polopalo dari Gorontalo
21.06.2016

Selain alam yang indah, Indonesia sangat kaya akan budaya, kuliner dan sejarah, termasuk berbagai cerita rakyat, makanan khas daerah, upacara dan ritual kebudayaan hingga tari tradisional. Nah, bicara soal tari tradisional, B’timers tahu tari Polopalo? Ya, tari tradisional yang satu ini merupakan tarian khas daerah Gorontalo, Sulawesi Utara.

Polopalo sendiri banyak ditarikan oleh anak-anak muda Gorontalo, tari ini juga terbagi jadi dua macam, yakni Polopalo kuno dan Polopalo modern. Dulu, Polopalo biasa ditampilkan dengan instrumen solo atau tunggal, sementara Polopalo modern dilakukan secara berkelompok dalam satu grup tari menggunakan komposisi dan aransemen musik.

Ada perbedaan paling mendasar antara Polopalo lama dan Polopalo modern, yaitu pada alat musik bass yang dimainkan. Bass pada Polopalo modern tak memiliki lubang, sementara Polopalo kuno masih menggunakan alat musik dari bambu. Bentuk keduanya mirip seperti garpu raksasa.

Ketahui Tari Tradisional Polopalo dari Gorontalo | Breaktime
Alat musik tradisional Sulawesi Utara Polopalo

Kini, teknik untuk memainkan Polopalo jauh lebih canggih dibandingkan pada zaman dahulu. Perbedaan cara memainkan musik iringan Polopalo modern dengan klasik adalah pada pemukulan alat musiknya. Selain itu, dibutuhkan ritme dan musik yang baik untuk menyesuaikan komposisi dan aransemen dari instrumen yang dipakai untuk mengiringi tari Polopalo.

Wah, menarik juga ya, tarian asal daerah Sulawesi Utara yang satu ini? Selain tari Polopalo dari Gorontalo, Sulawesi Utara juga terkenal dengan tari Maengket dan tari Mahambak, Keduanya merupakan tarian adat yang sudah ada sejak dahulu kala.

Namun, sama seperti tarian tradisional lainnya dari berbagai daerah, seiring perkembangan zaman dan berjalannya waktu, tari-tarian daerah mengalami perubahan dan kini tari tradisional sudah mendapat sentuhan modern sehingga menjadi tari kreasi.

Hm, Indonesia sejak dulu kala memang memiliki budaya yang sangat kaya, ya? (md)

Share This Article