Mengenal Tari Endel, Tari Topeng Khas dari Tegal | Breaktime
Mengenal Tari Endel, Tari Topeng Khas dari Tegal
22.07.2016

Indonesia dikenal memiliki ragam kesenian unik, sesuai dengan masing-masih daerah asalnya, B’timers. Nah, Tegal pun punya tarian khas, lho. Tari Endel, namanya. Tarian ini sebenarnya merupakan salah satu jenis tari topeng. Dan Tegal tidak hanya memiliki satu gaya Tari Topeng Endel. Setidaknya ada 6 ragam gaya Tegal. Yuk, simak cerita di balik Tari Endel khas Tegal berikut, B’timers!

Tari warisan budaya khas Kota Tegal

Seperti namanya, tarian ini menawarkan gerakan lincah nan endel alias kenes atau genit, B’timers. Gerak penari memperlihatkan bayangan seolah sedang bercumbu dengan pangeran. Gemulainya para penari yang bergerak-gerak begitu lembut disertai dengan hentakan gamelan, mampu menghipnotis siapapun yang menonton, B’timers.

Kostum penati Tari Topeng Endel mirip dengan kostum yang dikenakan penati Tari Gambyong. Dengan diiringi gending lancaran ombak banyu laras slendro manyuro, Anda akan melihat bagaimana sosok wanita Jawa yang sesungguhnya. Penuh dengan sikap halus serta lembut nan keibuan. Sifat wanita ini sebenarnya tidak boleh diartikan, bahwa seorang wanita Jawa adalah wanita terjajah.

Mengenal Tari Endel, Tari Topeng Khas dari Tegal | Breaktime
Tari Topeng Endel pecahkan rekor MURI

Tarian gemulai nan genit masuk MURI

Jangan salah, B’timers. Meskipun tidak banyak yang mengenal tarian khas Tegal ini, namun Tari Topeng Endel pernah tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), lho. Rekor dengan tarian yang diikuti peserta terbanyak, yaitu sebanyak 1.700 penari menunjukkan kebolehannya di halaman Kantor Pemkab Tegal. Rekor tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-470 Tegal.

Rekor yang tercatat diikuti oleh siswa SD dari seluruh Kabupaten Tegal. Mereka menggerakkan tubuh seiring dan selaras dengan alunan gending yang menggema di langit Tegal. Bayangkan saja, betapa menggemaskan dan genitnya para penari Tari Topeng Endel ini, ya, B’timers? (NO)

Share This Article