Mengenal Tanah Berau, The Paradise of Borneo | Breaktime
Mengenal Tanah Berau, The Paradise of Borneo
24.04.2015
“We travel not to escape life. But for life not to escape us.”

B’timers, tahukah Anda destinasi wisata mana yang sanggup menyaingi pesona Kepulauan Raja Ampat? Tanah Berau di Kalimantan Timur, jawabannya! Meski Pulau Derawan yang letaknya tak jauh dari Berau juga kerap menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Tanah Air, tapi Berau “diam-diam” memiliki berbagai lokasi yang tak kalah eksotisnya, lho! Lihat saja keindahan Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, dan Panjang yang memukau!

Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Bupati Berau, Makmur HAPK yang menuturkan bahwa di Pulau Panjang terdapat sebanyak 460 hingga 470 spesies terumbu karang. Belum lagi, Anda juga akan dihipnotis oleh keindahan Pulau Kakaban yang menggetarkan!

Spesies ubur-ubur Pulau Kakaban yang bisa berenang terbalik
Spesies ubur-ubur Pulau Kakaban yang bisa berenang terbalik

Well, tak perlu habiskan waktu lama-lama untuk sekadar duduk termenung menatap semua keindahan pulau-pulau di Berau. It’s time to get wet! Pertama, cicipi segarnya air di Pulau Kakaban yang memiliki bentuk sangat unik karena menyerupai angka sembilan dengan sebuah danau yang ada di bagian tengah. Bila dipotret dari atas, pulau ini akan terlihat seperti sedang memeluk danau.

Selain itu, ketika menyelam ke dalam Danau Kakaban, Anda akan menemukan bahwa rasa air di kawasan ini tergolong sangat unik. Tak heran, karena sebenarnya air Danau Kakaban merupakan perpaduan antara tiga jenis air, yakni air laut, hujan, dan juga air tanah. Isn’t it amazing?

Tak hanya air Danau Kakaban saja yang unik. Di lokasi ini B’timers juga akan terpukau dengan keberadaan empat spesies ubur-ubur tak menyengat, yakni Aurelia aurita, Tripedalia cystophora, Martiguas papua, dan Cassiopea ornata. Namun di antara semua ubur-ubur tersebut, Cassiopea ornata akan menjadi perhatian utama B’timers karena ubur-ubur ini berenang secara terbalik! Wah, tampaknnya di sini ada ubur-ubur anti mainstream ya! 

Masih banyak lagi keajaiban surgawi dunia ala Berau yang wajib Anda jajal satu-satu. Ayo, kini giliran B’timers sendiri yang merasakan sensasi pengalaman menakjubkan ini dengan terbang langsung ke Berau!

Share This Article