Mengenal Sosok Maestro di Balik Tarian Bali | Breaktime
Mengenal Sosok Maestro di Balik Tarian Bali
29.07.2017

Tak kenal maka tak sayang. Well, pepatah ini bukan cuma bualan belaka sebab rasa cinta dan rasa sayang memang tumbuhnya dari yang namanya sebuah intimasi. Nah, intimasi terhadap sesuatu tak akan bisa tercapai apabila kita tak akrab dengan hal tersebut. Supaya akrab, maka sejatinya kita harus mengenalnya terlebih dahulu. Kini sudah paham kan kenapa pepatah ini bukan sekedar omong kosong?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jadi Travel Blogger Kece, Begini Caranya!

Seperti halnya agar cinta budaya negeri sendiri, maka perbanyaklah membaca soal para seniman maestro yang berjasa dalam membangun budaya tersebut. Dengan begini, Anda akan mengenal mereka dan mengetahui garis perjuangan mereka selama ini. Seperti pada kesempatan kali ini, Breaktime ingin memperkenalkan pada Anda para maestro tarian Bali yang memukau. Mau tahu siapa saja? Berikut sosoknya.  

Mengenal Sosok Maestro di Balik Tarian Bali | Breaktime
Tari Kecak yang super famous ini ternyata baru tercipta 87 tahun yang lalu, lho

Nomor satu di daftar kali ini adalah sang pencipta tarian Kecak, Wayan Limbak. Tari kecak pun pada dasarnya adalah hasil rombakan dari tari tradisional Bali bernama tari Sanghyang. Lalu seperti apa prosesnya sampai Ia bisa berubah menjadi tarian Kecak? Jadi dulunya tarian kecak ini dibuat oleh Wayan Limbak di tahun 1930an bersama seorang pelukis Jerman bernama Walter Spies. Agar semakin memiliki unsur historik, Wayan Limbak dan Walter Spies pun sepakat untuk memberikan sentuhan kisah Ramayana dan kisah Subali pada tarian yang dikenal pula dengan julukan ‘The Monkey Dance’ ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Apa Dengan Rumah Adat Krong Bade Aceh?

Wayan Limbak tak pernah lelah lho mempromosikan tarian ini ke khalayak luas. Sampai akhirnya, Ia berhasil mendongkrak popularitas tarian ini di mata dunia. Sehingga kini bisa dilihat, mahakarya budaya ini menjadi banyak digemari di kancah dunia internasional. Namun sayang, kita sudah tak bisa bertemu lagi dengan sang maestro kebanggaan sebab Ia telah meninggal dunia di usianya yang ke 160 tahun pada tahun 2003 silam.

Mengenal Sosok Maestro di Balik Tarian Bali | Breaktime
Tari Cenderawasih adalah salah satu karya N.L.N. Swasthi Wijaya yang paling terkenal

Tak hanya seniman maestro pria, namun Bali faktanya juga punya tokoh Srikandi dalam dunia tari-nya. Adalah N.L.N. Swasthi Wijaya, wanita yang dengan keterampilan bakatnya mampu menciptakan tarian elok Bali bertajuk tari Puspanjali. Tari ini lahir pada Mei 1946 dan merupakan tarian yang berfungsi untuk menyambut sekaligus menghormati tamu. Oleh karenanya, Ia dipersembahkan oleh lima sampai tujuh orang penari dengan gerakan satu ritme yang sama. Untuk bagian musiknya, N.L.N. Swasthi Wijaya mempercayakannya pada komposer kontemporer Bali, I Nyoman Windha.

N.L.N. Swasthi Wijaya adalah wanita yang tak cuma berjiwa seni namun juga cerdas. Ini dibuktikan dengan fakta bahwa Ia sempat menjadi pengajar tari di Wesleyan University, Connecticut, USA pada 1977 hingga 1980. Sekarang pun, Ia masih aktif mengajar di Institut Seni Indonesia Denpasar.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengulik 5 Kisah Legenda Daerah Asli Indonesia

Last but not least, ada satu lagi seniman maestro asal Bali yang sangat berpengaruh— sampai-sampai Ia diganjar penghargaan seni Wijaya Kusuma oleh pemerintah RI pada tahun 1968. Namanya adalah I Nyoman Kaler. Darah seniman memang sudah mengalir deras di dalam tubuhnya sebab baik sang ayah dan sang ibu adalah seniman dan juga guru tari. Tak ayal, sedari dini Ia pun sudah terekspos dengan hal-hal berbau seni tarian tradisional Bali.

Di usianya yang ke 26 tahun, I Nyoman Kaler bahkan sungguh-sungguh belajar tarian seperti Legong Kraton pada para master seperti Ida Bagus Boda dan Anak Agung Rai Pahang. Inilah yang pada finalnya mengantarkan I Nyoman Kaler sebagai pencipta tari Margapati, Prembon, dan Panji Semirang. There is no doubt that those three are truly impressive ya, B’timers. (kps)  



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE