Mengenal Lebih Dekat Situs Majapahit ini Terlupa | Breaktime
Mengenal Lebih Dekat Situs Majapahit yang Terlupa
16.07.2016

Apa yang Anda bayangkan dari Kerajaan Majapahit, B’timers? Kerajaan agung dengan kekuatan paling tangguh yang pernah berkuasa di tanah Indonesia. Daerah kekuasaannya yang cukup luas membuat banyak peninggalan Kerajaan Majapahit tersebat di berbagai penjuru. Salah satunya Situs Klinterejo. Situs yang merupakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit ini sayangnya hampir terlupakan, lho.

Mengulik situs Majapahit yang terabaikan

Terletak di Dusun Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Situs Klintirejo masuk ke dalam situs bersejarah yang tidak terurus karena minimnya perhatian dari pemerintah. Hal ini bisa Anda lihat dari kondisi situs yang dibiarkan apa adanya. Bahkan tidak tampak upaya serius dari pemerintah untuk menjadikan situs tersebut sebagai obyek wisata bersejarah, B’timers.

Menurut keterangan dari warga setempat, kompleks ini merupakan bekas Petilasan Bhre Kahuripan, yaitu Tri Buwana Tungga Dewi yang merupakan ibu dari Hayam Wuruk, Raja keempat dari Kerajaan Majapahit, B’timers. Bukti kuat terlihat dari ditemukannya beberapa situs bersejarah lain yang dibuat pada tahun 1372 Masehi di sekitar lokasi.

Mengenal Lebih Dekat Situs Majapahit ini Terlupa | Breaktime
Bukti sejarah yang hilang ditelan rerumputan

Situs terlupakan yang penuh cerita sejarah

Bukti sejarah ini sangat terbengkalai, berada di tengah area persawahan milik warga setempat. Tak lebih dari 100 meter dari petilasan Tri Tungga Dewi, Anda bisa melihat tumpukan bata merah tua yang hampir tenggelam karena tingginya rumput dan tertutupi oleh lumut. Sementara di sebelah barat sekitar 20 meter dari situs tersebut, ada tumpukan batu bata kuno dengan kondisi serupa.

Jika berkunjung ke situs tersebut, Anda akan menemukan banyaknya batu umpak yang masih tertanam. Sayangnya kondisi baru-batu umpak itu sangat memprihatinkan. Hmm, semoga penerintah segera mencurahkan perhatiannya demi melestarikan bukti sejarah kerajaan terbesar di Indonesia ini, ya, B’timers? (NO)

Share This Article